Indonesia Dapat 2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Gratis dari China Hari Ini
Menlu Retno Marsudi/tangkapan layar

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia kembali kedatangan vaksin COVID-19 merek Sinovac sebanyak 2 juta dosis pada hari ini. kedatangan vaksin tahap 78 yang tiba di Bandara Soekarno Hatta ini adalah pemberian secara gratis dari China.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, 1 juta dosis vaksin Sinovac didapat dari pemerintah China dan 1 juta dosis lainnya disumbangkan dari perusahaan Sinovac Biotech Ltd.

"Hari ini telah tiba 1 juta dosis vaksin Sinovac bantuan pemerintah RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Hari ini juga tiba 1 juta dosis vaksin Sinovac bantuan perusahaan vaksin Sinovac yang diberikan secara gratis," retno dalam konferensi pers virtual, Jumat, 24 September.

Dengan kedatangan vaksin ini, maka total vaksin yang telah tiba di Indonesia berjumlah 273.603.790 dosis, baik dalam bentuk vaksin jadi maupun dalam bentuk vaksin curah.

Sebelumnya, pada tanggal 21 September, Indonesia juga telah menerima 200 ribu dosis vaksin jadi merek Sinopharm dari Red Cross Society of China.

"Untuk itu, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan atas dukungan vaksin yang diberikan baik oleh pemerintah RRT, perusahaan Sinovac, dan juga Red Cross Society China," ungkap Retno.

Melanjutkan, Besar RRT untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan bahwa dukungan kali ini merupakan tambahan dukungan penanganan pandemi dari Pemerintah RRT, menyusul donasi 120 ventilator, 400 generator oksigen, dan alat-alat kesehatan lainnya yang telah diberikan pada Agustus yang lalu.

“Hingga saat ini, Sinovac dan Sinopharm telah mengirimkan 215 juta dosis vaksin ke Indonesia. Terhitung hampir 20 persen dari semua vaksin yang diekspor oleh Cina dalam periode waktu yang sama, dan lebih dari 80 persen dari total vaksin yang diperoleh Indonesia,” kata Xian Qian.

Xiao Qian menyampaikan bahwa sejak awal pandemi, Cina dan Indonesia telah saling mendukung upaya penanganan pandemi COVID-19 di masing-masing negara.

“Di bawah kepemimpinan yang kuat dari Presiden Joko Widodo dan upaya seluruh rakyat Indonesia, Cina percaya Indonesia akan mampu menangani pandemi dalam waktu dekat dan memulihkan pertumbuhan sosial ekonomi secepatnya. Cina akan terus berupaya mendukung Indonesia dan upayanya dalam menangani pandemi,” jelas dia.