Layanan Sunat Gratis untuk Warga Kampung Woslay dari Satgas Yonmek 403
Dispenad

Bagikan:

JAKARTA - Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista memberikan layanan sunat gratis bagi warga di Kampung Woslay Distrik Senggi Kabupaten Keerom, Papua.

Sebenarnya, bukan layanan sunat gratis saja yang sudah diberikan oleh Pamtas RI-PNG bagi warga Papua. Berbagai program di bidang kesehatan sudah mereka lakukan kepada warga di sana.

Mulai dari pengobatan, penyemprotan dan pembagian kelambu anti nyamuk malaria. Termasuk mengajak masyarakat untuk merawat diri dengan menjaga kesehatan sejak dini melalui sunat.

"Operasi kecil berupa sunat ini, memang merupakan kegiatan di bidang kesehatan namun selain itu juga merupakan bagian dari pembinaan teritorial di daerah penugasan khususnya di wilayah perbatasan RI-PNG, karena kegiatan ini memberikan efek kesehatan dalam jangka panjang terhadap kondisi tubuh masyarakat," beber Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, dalam rilis tertulisnya, Minggu, 19 September.

Melalui program kesehatan sunatan ini, diharapkan dapat membantu mengurangi beberapa risiko kesehatan. Mulai dari penyakit seksual menular, seperti herpes atau sifilis. Mencegah terjadinya penyakit pada penis, seperti nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis.

“Serta mengurangi resiko terjadinya infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan masalah ginjal,” ucapnya.

Sementara itu, Saiman (37) salah satu warga yang anaknya mendapatkan layanan sunat gratis dari Satgas, mengucapkan terimakasih dan rasa bangganya kepada TNI khususnya Tim Kesehatan Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista yang telah membantu menyunat anaknya.