Kehilangan Orang Tua Akibat COVID, Dinsos Jambi Salurkan Bantuan Rp300 Ribu Bagi 128 Anak Yatim
Suasana pemakaman pakai APB disaat pandemi COVID-19.(ANTARA)

Bagikan:

JAMBI - Kabar duka datang dari Jambi. Akibat COVID-19, sebanyak 128 orang anak kehilangan orang tua kandungnya. Mereka tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Sekretaris Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Jambi, Fadli mengatakan, pihaknya akan memberi bantuan setiap bulannya. Saat ini pemerintah setempat terus mendata jumlah anak-anak.

"Jadi saat ini kita bersama dinas sosial di kabupaten dan Kota se Provinsi Jambi terus mendata anak yang orang tuanya meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 dan bersama tim di lapangan terus memproses data di lapangan yang kemudian mengasesmen kebenaran datanya," jelas Fadli saat dikonfirmasi, Antara, Kamis, 16 September. 

Fadli tidak menampik bila data anak ini akan bertambah setiap harinya. Dinsos berjanji akan memberikan bantuan Rp300 ribu kepada tiap anak per bulan. 

Data sebaran anak yang kehilangan orang tua kandung di antaranya di Kabupaten Muaro Jambi ada 10 orang, Kota Jambi sebanyak 37 orang , Sungai penuh 8 orang, Kerinci 5 orang, Batanghari 6 orang, Tanjabbar 16 orang, Bungo 15 orang dan Sarolangun 12 orang.

"Kita juga ada bagian balai sosial khusus anak yang mengurus anak terlantar akibat pandemi COVID-19 ini, karena termasuk kategori bencana dan tentu berdampak pada psikologi anak saat orang tua kandung meninggal dan itu akan diurus sebaik-baiknya sementara terkait sekolah anak tentunya ada kewenangan masing masing kabupaten dan kota di Provinsi Jambi," kata Fadli.