Tim Gabungan Perluas Area Pencarian 3 Awak Kapal KM Elang Laut yang Hilang
Tim SAR menyelamatkan awak KM Elang yang terbalik di Kepulauan Seribu (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta (SAR Mission Coordinator) Hendra Sudirman menyatakan, petugas Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap 3 awak kapal KM Elang Laut bernama Abdul Malik (20), Arif (27) dan Agus (19) di Perairan Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta.
 
Pada proses pencarian hari kedua ini, Tim SAR melibatkan Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, KSOP Muara Angke, Satpolair Polres Kep. Seribu, Pos AL Pantai Mutiara, VTS Tj. Priok dan Nelayan setempat.
 
"Pencarian hari ini, kita perluas area pencarian dengan tim gabungan. Semoga cuaca hari ini lebih baik dari kemarin, sehingga tim bisa memaksimalkan upaya pencarian," kata Hendra kepada wartawan, Rabu 15 September.
 

 
Seperti diketahui, KM Elang Laut ditemukan terbalik di Perairan Pulau Damar, Kepulauan Seribu pada Selasa 14 September, kemarin. Kapal nelayan tersebut sedang melakukan perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke untuk melaut mencari ikan. Karena faktor cuaca buruk, kapal dihantam gelombang besar hingga terbalik.
 
"Pencarian hari ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB pagi tadi, dengan membagi area pencarian menjadi 4 titik," ujarnya.
 
Proses evakuasi yang dilakukan oleh SRU pertama, sambungnya, dilakukan menggunakan RIB 03 dengan luas area 54 NM². Kemudian SRU kedua melakukan pencarian menggunakan Kapal Patroli 204 dengan luas area 58 NM².
 
Selanjutnya, SRU ketiga melakukan pencarian menggunakan Kapal Patkamla Damar dengan luas area 52 NM².
 
"SRU keempat melakukan pencarian menggunakan Kapal KN SAR 227 Yudistira dengan luas area 164 NM². Mudah-mudahan ketiga korban bisa segera kita temukan," katanya.