Antisipasi Penularan COVID-19 di Tengah Penyelenggaraan PON, Ini Persiapan Pemerintah
Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono Sp.PD, Ph.D, KEMD. (Foto: Ayu Khania Pranisitha/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan pemerintah telah menyiapkan sejumlah hal untuk mengantisipasi penularan COVID-19 di tengah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada Oktober mendatang.

Persiapan tersebut di antaranya menyiapkan ratusan tenaga medis di tengah gelaran acara olahraga tersebut.

"Untuk membuat kegiatan PON terlaksana dengan baik disiapkan 420 tenaga medis," kata Dante dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring di YouTube Kemenko Marves RI, Senin, 6 September.

Selain itu, dalam slide presentasi yang dibawakan Dante, ia juga memaparkan ada antisipasi lain berupa penyiapan 18 rumah sakit rujukan kabupaten/kota dan 4 rumah sakit rujukan nasional yang terintegrasi dengan venue, wisma atlet, hingga medical station.

Antisipasi selanjutnya adalah pemberian vaksin COVID-19. Dante mengatakan ada sejumlah daerah yang perlu penyuntikkan secara cepat saat ini.

"Jadi vaksinasi yang sudah diberikan beberapa daerah memerlukan vaksinasi yang optimal dan diakselarasi lebih cepat terutama di Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dante mengatakan pandemi COVID-19 di Tanah Air sudah melewati masa puncaknya dilihat dari sisi kasus konfirmasi, jumlah orang yang dirawat di rumah sakit, maupun tingkat kematian.

Hanya saja, ia mengimbau masyarakat tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan dan tetap harus disiplin.

"Protokol kesehatan adalah faktor penentu apakah kasus akan meningkat atau tidak di masa yang akan mendatang," tegas Dante.

"Kita akan berhadap dengan pandemi dan mungkin akan jadi endemi jika penurunan kasusnya makin baik," pungkas dia.