Sampai 16 September, Naik KA Bandara Internasional Yogyakarta Gratis
Kereta Api Bandara Internasional Yogyakarta/ Humas KAI

Bagikan:

JAKARTA - PT KAI menggratiskan tarif Kereta Api Bandara Internasional Yogyakarta mulai hari ini hingga tanggal 16 September 2021. KA Bandara Internasional Yogyakarta sebelumnya dilakukan soft launching pada 27 Agustus lalu.

“Pemberlakuan tarif Rp0 berlaku pada periode 1 sampai dengan 16 September 2021 dengan tujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta kepada masyarakat,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Rabu, 1 September.

Setelah masa sosialisasi, yaitu mulai 17 September, KA Bandara Internasional Yogyakarta mulai menerapkan tarif yang masih promo. Tarif kereta pada rute Stasiun Yogyakarta - Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp20.000, tarif Stasiun Yogyakarta - Stasiun Wates Rp10.000, dan tarif Stasiun Wates - Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp20.000.

Joni menuturkan, Tiket KA Bandara Internasional Yogyakarta bisa didapatkan di loket stasiun lintas Yogyakarta - Bandara Internasional Yogyakarta mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Namun, ada syarat bagi penumpang untuk menaiki KA Bandara Internasional Yogyakarta. Kereta ini diperuntukkan bagi diperuntukkan bagi pekerja di sektor esensial dan sektor kritikal karena termasuk sebagai KA lokal perkotaan.

Pada saat boarding, pelanggan juga diharuskan menujukkan STRP atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat atau surat tugas dari pimpinan perusahaan.

"Pelanggan tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen. Namun akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen secara acak kepada para pelanggan di stasiun," ucap Joni.

KA Bandara Internasional hanya menjual tiket sebanyak 50 persen dari kapasitas penumpang.

“Pelanggan diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin selama menggunakan fasilitas KA Bandara Internasional Yogyakarta untuk menjaga keamanan bersama,” kata Joni.

Berikut adalah jadwal perjalanan KA Bandara Internasional Yogyakarta:

1. Yogyakarta - Bandara Internasional Yogyakarta: berangkat pukul 05.00 WIB dan datang pukul 05.39 WIB.

2. Yogyakarta - Bandara Internasional Yogyakarta: berangkat pukul 07.20 WIB dan datang pukul 07.59 WIB.

3. Bandara Internasional Yogyakarta - Yogyakarta: berangkat pukul 09.25 WIB dan datang pukul 10.04 WIB.

4. Yogyakarta - Bandara Internasional Yogyakarta: berangkat pukul 10.19 WIB dan datang pukul 10.58 WIB.

5. Bandara Internasional Yogyakarta - Yogyakarta: berangkat pukul 11.57 WIB dan datang pukul 12.36 WIB.

6. Yogyakarta - Bandara Internasional Yogyakarta: berangkat pukul 14.02 WIB dan datang pukul 14.41 WIB.

7. Bandara Internasional Yogyakarta - Yogyakarta: berangkat pukul 14.55 WIB dan datang pukul 15.34 WIB.

8. Bandara Internasional Yogyakarta - Yogyakarta: berangkat pukul 16.49 WIB dan datang pukul 17.28 WIB.