Gabung Koalisi, PAN Diprediksi Dapat Jatah Menteri UMKM
Presiden Joko Widodo bertemu dengan para ketua umum partai politik dan sekjen partai di Istana, Jakarta, (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Reshuffle Kabinet kembali berhembus setelah Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung ke dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio, menilai bakal ada menteri profesional yang digeser untuk mengakomodir PAN dalam kabinet.

Sebab menurutnya, Jokowi tak akan mengurangi kursi menteri dari partai politik.

“Kalau mengakomodir PAN itu akan ambil jatah dari profesional. Ada kemungkinan reshuffle, tapi kursi-kursi menteri yang diisi oleh kader parpol tidak akan diotak-atik," ujar Hendri, Sabtu, 28 Agustus.

"Jadi dicek aja kementerian yang diisi oleh profesional kan ada beberapa sekarang. Misalnya Menteri Keuangan, Menteri UMKM, Menteri Perhubungan, Mendikbudristek, Mendagri,” sambungnya.

Kendati demikian, Hendri memprediksi Kementerian UMKM yang diduduki Teten Masduki akan diserahkan ke PAN. “Kalau prediksi, saya pikir UMKM yang buat PAN,” katanya.

Diketahui sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, kehadiran ketua umum Zulkifli Hasan di Istana saat Presiden Jokowi bertemu pimpinan parpol pro pemerintah, Rabu, 25 Agustus, menegaskan arah koalisi partainya.

"Tadi Ketua umum PAN Zulkifli Hasan didampingi Sekjen Eddy Soeparno hadir di Istana, bertemu dengan partai koalisi bersama Presiden Jokowi. Hadir sebagai partai koalisi pendukung pemerintah," kata Viva Yoga.