DKI Bikin Studi Kelayakan demi Realisasikan Pembangunan Stasiun KRL di Stadion JIS
Ilustrasi/antara

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan adanya stasiun KRL di dekat Jakarta International Stadium (JIS), Papanggo, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menyebut Anies sudah mengirimkan surat usulan pembangunan stasiun kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada bulan Juni lalu.

Setelah itu, pembicaraan rencana pembangunan stasiun dilakukan. Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub akan merealisasikan asal DKI membuat studi kelayakan atau feasibility studi pembangunan stasiun KRL dengan adanya Stadion JIS.

"Untuk bisa masuk ke sana (pembangunan stasiun), harus ada kajian atau feasibility study yang saat ini sedang dipersiapkan oleh rekan-rekan dari JIS. Saya juga sudah bersurat kepada PT Jakpro untuk melengkapi kajian," kata Syafrin kepada wartawan, Jumat, 27 Agustus.

Syafrin menuturkan, nantinya stasiun KRL itu akan dibangun di rute KRL antara Stasiun Kampung Bandan dan Stasiun Tanjung Priok. Sehingga, rel kereta tambahan tak perlu dibangun.

"Kan prasarana KRL itu sudah ada. Himpitan JIS itu ada di sisi rel KRL dari Kampung Bandan - Tanjung Priok/Kota - Tanjung Priok. Tinggal dibangun stasiun KRL di dekat JIS itu," ucap Syafrin.


Selain itu, Syafrin menyebut akan ada sarana transportasi lain yang menjangkau stadion berstandar internasional tersebut, yakni penambahan rute Transjakarta dan LRT Jakarta yang masih dalam tahap perencanaan.

"Ini kan semua akan dilakukan integrasi layanan dengan moda transportasi lain. Kan kita juga mau buka Transjakarta koridor 14 Senen - JIS dan koridor 15 Pulo Gebang - JIS. Juga akan ada layanan LRT Kelapa Gading-JIS," jelas Syafrin.