Ciptakan Teror Lempar Batu ke Sopir Truk Jalur Pantura, Nur Hamid Ditembak Polisi Saat Ditangkap
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah Kombes Djuhandhani menunjukkan barang bukti (ANTARA)

Bagikan:

JATENG - Polda Jawa Tengah meringkus seorang pelaku teror pelemparan batu dengan sasaran truk yang melintas di jalur pantura dan sekitarnya. 

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah Kombes Djuhandhani mengatakan, penangkapan pelaku setelah pihaknya menindaklanjuti laporan korban  pelemparan di Jalan Sukarno Hatta, Kabupaten Kendal, beberapa waktu lalu.

Dalam kejadian tersebut, penumpang truk mengalami luka akibat pecahan kaca truk setelah terkena lemparan batu.

"Dari penyelidikan, polisi menangkap tersangka Nur Hamid (42) warga Weleri, Kabupaten Kendal di Mangkang Kota Semarang," jelas Djuhandhani di Semarang, Antara, Senin, 23 Agustus 

Bersama dengan pelaku, polisi mengamankan barang bukti sepeda motor serta sebuah batu berukuran 15x10 cm yang diduga digunakan pelaku saat beraksi. Dalam beraksi, kata dia, pelaku memilih truk yang menjadi korbannya secara acak.

Menurut dia, pelaku biasa beraksi sekitar pukul 01.00 hingga 06.00 WIB dengan melihat situasi jika tidak ada patroli polisi.

"Tersangka NH ini merupakan pelaku tunggal dan diyakini merupakan pelaku pelemparan batu karena setelah ditangkap, tidak ada lagi tindak pidana serupa yang terjadi," katanya.

Dalam penangkapan, polisi terpaksa menembak kaki pelaku karena berusaha melarikan diri. Ia menyebut sempat terjadi aksi saling kerja antara petugas dan pelaku.

Atas perbuatanya, tersangka dijerat dengan Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan dan Pasal 406 KUHP tentang perusakan.