Yel-yel dan Aubade Anak Indonesia Meriahkan HUT RI di KJRI Los Angeles 
DOK KJRI Los Angeles

Bagikan:

JAKARTA - Konsulat Jenderal RI di Los Angeles menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 RI. 

Mempertimbangkan situasi pandemi COVID-19, kegiatan dilakukan indoor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bertemakan “Indonesia Tangguh IndonesiaTumbuh”, upacara dihadiri undangan terbatas, seperti para wakil masyarakat/Diaspora Indonesia yang bermukim di California bagian Selatan.

Sedangkan kehadiran virtual di platform zoom diikuti 100 orang masyarakat/Diaspor Indonesia di wilayah kerja KJRI LA (Nevada bagian Selatan, Arizona, Colorado, Utah dan Hawaii). 

Rangkaian upacara dilaksanakan sederhana dan berlangsung khidmat. Upacara dipimpin langsung Konsul Jenderal RI di LA, Saud P. Krisnawan. Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara Fadhly Ahmad (Konsul Penerangan dan Sosial Budaya). 

“Saya sengaja cuti dari kantor karena senang sekali bisa kembali ikut upacara bendera di KJRI LA”, ujar Rosdiana Susanto, warga Los Angeles yang aktif mengikuti ragam kegiatan kemasyarakatan bersama dengan KJRI LA. 

Komentar mengharukan datang dari Ibu Manurung, Diaspora Indonesia yang berdomisili di San Bernardino County.

“Saya sengaja hadir di acara ini untuk mengenalkan Indonesia kepada anak saya yang lahir di Amerika Serikat, supaya dia juga tahu kemeriahan HUT RI”. 

Siska Simanjuntak Hutapea, Diaspora Indonesia yang bermukim di Guam dan sedang berkunjung ke Los Angeles juga mengungkapkan kebahagiaannya bisa ikut serta pada upacara di KJRI LA.

“Sudah lebih dari 30 tahun menjadi perantaudi Guam, tapi saya tetap dan terus cinta Indonesia, acara hari ini mengobati kerindua nsaya dengan suasana HUT RI di Indonesia," katanya.

Upacara kali ini juga dihadiri 11 orang mahasiswa asal Papua yang juga ikut membantu sebagai petugas upacara. Para mahasiswa itu saat ini sedang melanjutkan pendidikan di George Mason University (GMU), Virginia. 

Sementara itu, rangkaian acara juga dimeriahkan dengan tarian Yospan interaktif para mahasiswa dan undangan yang hadir. Tidak ketinggalan penampilan yel-yel dan aubade anak Indonesia serta taria nGemufamire oleh DWP KJRI LA yang semakin menyemarakan suasana HUT RI. 

“Seru sekali, kami sambil liburan bisa berpartisipasi di acara HUT RI dan bertemu teman dan keluarga KJRI LA”, tutur Eveline Hamadi, mahasiswa pengguna Beasiswa Pendidikan Dana Otonomi Khusus Pemda Papua dan Ketua PERMIAS di GMU.

Pada peringatan HUT RI, Konjen RI di Los Angeles juga mengukuhkan kepengurusan dan Presiden Indonesian American Business Council untuk periode 2021-2023.