Kunjungi Pabrik Porang, Jokowi: Ini Nilai Besar, Bisa Jadi Pengganti Beras
Presiden Joko WIdodo meninjau pabrik Porang (Foto: Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Jokowi memantau sekeliling pabrik sekaligus berdialog dengan para petani.

Setelah meninjau pengolahan tanaman jenis umbi-umbian tersebut, Jokowi memandang hal ini akan memberikan nilai tambah yang baik, utamanya kepada petani.

"Saya tadi menanyakan per hektare bisa menghasilkan berapa ton. disampaikan bahwa satu hektare bisa 15-20 ton. Kemudian hasilnya di musim tanam pertama itu bisa sampai 40 juta dalam kurun 8 bulan," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 19 Agustus.

Jokowi menganggap, pengolahan porang menjadi peluang Indonesia untuk memperluas peran ekspor di pasar mancanegara. Sebab, kata dia, porang merupakan bahan makanan yang menyehatkan dan bahkan bisa menggantikan beras dari padi sebagai bahan pokok.

"Ini sebuah nilai yang sangat besar, pasarnya juga masih terbuka lebar dan kita tahu porang ini akan menjadi makanan masa depan karena low kalori, low karbon, dan juga rendah kadar gula, bebas kadar gula. Saya kira ini menjadi makanan sehat ke depan. ini juga bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat karena kadar gulanya sangat rendah," ucap Jokowi.

Ia lantas meminta kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menaruh perhatian lebih pada pengolahan porang. Ia menekankan, Indonesia bisa mengekspor olahan porang dalam bentuk tepung hingga beras.

"Saya sudah menyampaikan kepada Menteri Pertanian untuk betul-betul kita seriusi komoditas baru ini, komoditas porang, dan kita harapkan kita akan tidak mengekspor porang dalam bentuk mentahan, tetapi seperti yang tadi kita lihat di sini. Ini sudah setengah jadi, bisa jadi tepung dan insyaallah nanti tahun depan sudah akan menjadi barang jadi, yaitu jadi beras porang," jelasnya.

Merujuk pada situs pangan.litbang.pertanian.go.id, porang merupakan tanaman asli Indonesia dan sudah sejak lama dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Porang juga salah satu kekayaan hayati umbi-umbian Indonesia. Sebagai tanaman penghasil karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan serat pangan. Tanaman porang sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan diekspor sebagai bahan baku industri.

Pengolahan porang terutama dilakukan untuk mendapatkan komponen glukomannannya. Produk porang yang biasa diolah dan dipasarkan dari umbi segar adalah chips, tepung porang (konjac flour) dan tepung glukomannan (konjac glucomannan).