Kejar Target Percepatan <i>Herd Immunity</i>, Kantor Pemerintah di Jakpus Terpaksa Dipakai Buat Vaksinasi
Vaksinasi di Wilayah Jakarta Pusat. (Foto: IST)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah kantor Kelurahan di wilayah Jakarta Pusat mulai dijadikan sentra vaksinasi COVID-19 tambahan. Pembuatan sentra vaksin di kantor Kelurahan guna menambah kuota percepatan vaksinasi demi tercapai herd immunity.

"Jadi kelurahan itu hanya alternatif ketika ruang terbuka sangat minim. Makanya kita gunakanlah kelurahan. Kebetulan di area sekitar sini ada kelompok masyarakat yang belum divaksin sehingga kita gunakanlah kelurahan," kata Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma kepada VOI, Minggu 8 Agustus.

Selain kantor Kelurahan, lanjut Dhany, ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pun dapat digunakan sebagai tempat vaksin. Seperti di kelurahan Johar Baru, tenaga kesehatan melakukan penyuntikan di dalam ruang pelayanan PTSP.

"Ini karena tidak dipakai pada Sabtu dan Minggu. Jadinya dapat dimanfaatkan sebagai ruang penyuntikan," ucapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, kantor kelurahan yang difungsikan menjadi tempat vaksin diantaranya, Kelurahan Johar Baru, Kebon Melati, Kartini dan Karang Anyar.

Vaksin ini yang terpenting adalah kesadaran tinggi dari seluruh komponen masyarakat. Kita ingin membentuk herd immunity melalui program vaksinasi," tutupnya.