Gubernur Jawa Barat Semangati Warga yang Isolasi Mandiri
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi tempat karantina di Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung serta menyemangati warga yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terserang COVID-19.

"Saya hari ini menyambangi beberapa pasien isolasi mandiri karena lebih dari 70 persen COVID-19 di Jawa Barat itu bukan di rumah sakit tapi di rumah-rumah penduduk. Rumah-rumah ini kita pastikan mendapatkan atensi dari aparat setempat sampai level pemerintah pusat," kata Gubernur yang biasa disapa Kang Emil itu di Kota Bandung dikutip Antara, Rabu, 14 Juli.

Gubernur juga menyalurkan bantuan bantuan obat dan vitamin kepada warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) serta menyampaikan rencana pemerintah provinsi meminjamkan tabung oksigen kepada penderita COVID-19 yang membutuhkan. 

"Ada obat gratis yang sudah kita sebarkan kepada pasien isoman selama tujuh hari belakangan ini. Kemudian rencananya kami akan pinjam pakaikan tabung oksigen, sudah kita proses," katanya.

"Besok Pak Jokowi akan merilis obat gratis juga untuk isoman di seluruh Jawa-Bali. Dan mudah-mudahan dengan obat gratis, oksigen juga bisa dipenuhi, plus kita di provinsi ada telekonsultasi untuk mereka-mereka yang bertanya, kebingungan, diharapkan pasien isoman sembuh lebih banyak dan mengurangi fatalitas," katanya menjelaskan.

Gubernur Jabar meminta para kepala kepala desa dan kelurahan rajin mengecek kondisi warga yang menjalani isolasi mandiri supaya penanganan bisa dilakukan secara cepat apabila ada penderita COVID-19 yang kondisinya memburuk saat menjalani isolasi mandiri.

"Saya berharap mulai hari ini di Jawa Barat tidak ada lagi yang meninggal dunia di dalam rumahnya karena kalau sudah ada perburukan langsung dirujuk ke rumah sakit untuk ditindaklanjuti," ujar Kang Emil.