Sosok Rachmawati Soekarnoputri di Mata Anjasmara: Ibu yang Sangat Sayang Anak
DOK ANTARA/Rachmawati Soekarnoputri

Bagikan:

JAKARTA - Aktor Anjasmara Prasetya mendatangi kediaman putri Presiden pertama RI Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri untuk memberikan salam perpisahan. Anjasmara juga turut mengantarkan mendiang ibu sambungnya ke peristirahatan terakhirnya. 

Anjasmara mengaku terkejut mendapatkan kabar duka meninggalnya Rachmawati dari adik kandungnya. Sebab, belum lama ini dirinya masih berkomunikasi dengan sang ibu sambung. 

"Saya kaget. Saya baru dengar tadi pagi sekitar jam setengah 8, saya tahu dari adik kandung saya. Saya terakhir itu komunikasi sekitar awal bulan Juni. Saya sempat ketemu sama beliau, terus ngobrol-ngobrol segala macem," katanya kepada wartawan, Sabtu, 3 Juli. 

Anjasmara mengaku sangat beruntung diangkat anak oleh Rachmawati. Di mata Anjasmara, Rachmawati merupakan sosok ibu yang sangat sayang dengan anak-anaknya. 

"Beliau seorang ibu yang menyayangi seluruh anak-anaknya. Saya beruntung sekali diangkat oleh beliau, sebagai salah satu anaknya yang cukup dekat. Dia sangat sayang dengan semuanya, sangat cinta," ucapnya. 

Beberapa hari sebelumnya, Anjasmara mengaku sudah merasakan firasat. Ia sempat merasa heran karena tiba-tiba dirinya merindukan sang ibu sambung. 

"Saya sebenarnya sudah firasat, saya kangen sekali pengin ketemu. Tapi karena saya sibuk, saya pikir nanti-nanti ajalah," katanya. 

Anjasmara pun memohon doa dari semua masyarakat agar mendingan Rachmawati dilapangan kuburnya. 

"Kepada seluruh pihak, saya mohon agar ibu Rachma diberikan doa agar segala sesuatunya dilancarkan bagi beliau dan bagi keluarga yang ditinggalkan. Tetap kuat, tetap ikhlas, dan bisa menjalani kehidupan sebagaimana mestinya," ucapnya. 

Rachmawati meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sekitar pukul 06.15 WIB. 

Memiliki nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno ini lahir pada 27 September 1950. Menurut kabar yang beredad, Rachmawati meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 usai dirinya dirawat di rumah sakit. 

Diketahui, semasa hidupnya Rachmawati merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan berada langsung di bawah posisi Ketua Umum Prabowo Subianto sejak September 2020 lalu. 

Berita duka ini juga disampaikan oleh Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco melalui akun Twitternya. "Berita duka, Inalillahi wa inalillahi rojiun. Pada tanggal 3 Juli 2021, sekira pukul 06.45 WIB. Telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD," ungkapnya. 

Wakil Ketua Umum sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Fadli Zon juga turut mengucapkan belasungkawa. 

"Inalillahi wainnalilahi raajiun. Selamat jalan mbak Rachmawati Soekarnoputri, sunggu merasa kehilangan teman diskusi saat di meja makan hampir setiap bulan. Seorang yang teguh berpendirian, berpihak pada rakyat dan terakhir selalu memikirkan Papua. Insyaallah husnul khotimah. Al Fatihah," ujar Fadli.