Kapal Terbalik Dihantam Ombak Pangandaran, 3 Nelayan Hilang
Pencarian nelayan hilang usai kapal terbalik dihantam ombak Pangandaran (ANTARA)

Bagikan:

PANGANDARAN - Petugas gabungan melakukan pencarian terhadap tiga nelayan yang dilaporkan hilang akibat kapalnya terbalik saat melaut di perairan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

"Tiga nelayan masih dalam pencarian tim SAR gabungan," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau SAR Bandung Deden Ridwansah dikutip Antara, Rabu, 2 Juni.

Dia menuturkan kapal nelayan itu dilaporkan terbalik saat melaut di perairan Batu Bodas, Kabupaten Pangandaran, Selasa, 1 Juni malam malam. Hingga saat ini keberadaannya belum dapat diketahui.

Tim gabungan dari Polisi Air, TNI, Tim SAR, dan sukarelawan, kata dia, sudah melakukan pencarian terhadap tiga nelayan dengan menyusuri pantai dan menggunakan perahu untuk mencari sampai tengah lautan.

"Satu tim rescue dari Unit Siaga SAR Pangandaran menuju lokasi kejadian pada pukul 06.20 WIB untuk melakukan pencarian bersama unsur lainnya," ujar Deden.

Dia menyampaikan laporan yang dihimpun di lapangan, kapal nelayan tersebut berisikan lima anak buah kapal asal Pasar Ikan Pangandaran yang sedang mengambil ikan layang di Perairan Batu Bodas pinggir tebing Cagar Alam Pangandaran.

Namun, tiba-tiba datang ombak menghantam kapal hingga terbalik lalu terbentur karang, kemudian kapal tenggelam, beruntung dua orang selamat, sedangkan tiga orang lainnya masih dalam pencarian.

"Ada pun korban selamat bernama Iwan dan Ee, sedangkan tiga korban dalam pencarian bernama Ade Rapi, Asep, dan Agun," sambung Deden. 

Petugas gabungan yang diterjukan ke Pangandaran akan melanjutkan pencarian pada Kamis, 3 Juni pagi dengan menyusuri pantai dan ke tengah lautan.