Biar Aman, Ribuan Personel Gabungan Jaga Sidang Putusan Rizieq Shihab di PN Jaktim
Ilustrasi-Massa Pro Rizieq Shihab di PN Jaktim (Foto: Rizky Adytia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 2.300 personel dikerahkan untuk mengamankan  jalannya sidang Rizieq Shihab atas kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) di Petamburan dan Megamendung. Ribuan personel itu disiagakan dibeberapa titik.

"Jumlah personel pada hari ini dilipatgandakan menjadi 2.300 perseonel terdiri sari satuan Lalu Lintas, Brimob, juga dari yang tertutup dari Satpol PP dan Dishub. Kita juga diback pak Dandim Jakarta Timur dalam rangka penambahan pasukan dari unsur TNI," ucap Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan, Kamis, 27 Mei.

Dalam pengamanan ini menggunakan skema berlapis. Artinya, ada tiga ring dalam skema pengamanan. Mulai dari lingkungan Pengadilan Negeri Jakarta Timur hingga area luar.

"Kita bagi tiga ring, ring pertama itu ada di dalam pengadilan, ruang sidang dan halaman pengadilan, ring dua seputaran dalam pengadilan dan ring tiga yang melakukan mobile di jalan-jalan protokol menuju pengadilan Jaktim," kata dia.

Pengerahan ribuan personel dan skema pengaman ini dilakukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama apda saat persidangan dengan agenda pembacaan putusan kasus dugaan pelanggaran prokes di Petamburan.

"Kekuatannya tentu kita lakukan secara berkesinambungan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Kita khawatir di tengah pandemi COVID ada penyebaran COVID-19 yang kita jadikan pertimbangan dalam pengamanan pada pagi sampai sore nanti," tandas dia.