Mendagri Minta Kepala Daerah Turun Tangan Percepat Vaksinasi COVID-19
Mendagri Tito Karnavian (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepala daerah turun tangan dalam mempercepat program vaksinasi COVID-19 agar kekebalan kelompok segera terwujud.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan dengan percepatan vaksinasi diharapkan kekebalan kelompok masyarakat dapat terwujud sehingga penyebaran pandemi COVID-19 bisa diatasi.

Mendagri meminta program vaksinasi tidak hanya diserahkan ke kepala Dinas Kesehatan. Tetapi program vaksinasi perlu dipimpin langsung oleh para kepala daerah.

"Tolong rekan-rekan kepala daerah memberikan dorongan yang sangat serius kepada kepala Dinas Kesehatan, terutama untuk melakukan program vaksinasi, apalagi kalau bisa memimpin rapatnya langsung, itu lebih bagus lagi," kata Mendagri dalam rapat rutin koordinasi monitoring pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dikutip Antara, Rabu, 19 Mei. 

Mendagri menekankan tentang perlunya keterlibatan langsung kepala daerah dalam jalannya program vaksinasi karena kepala daerah merupakan otoritas yang memiliki kewenangan penuh di daerah.

"Di beberapa daerah kami cek itu semua diserahkan kepada kepala Dinas Kesehatan, sehingga ketika menemukan hambatan di lapangan itu di luar kewenangannya," ujar Mendagri.

Kepala daerah didorong untuk memiliki skenario dalam menjalankan program vaksinasi di daerah masing-masing karena setiap daerah memiliki situasi di lapangan yang berbeda-beda, katanya.

"Kita harus mempercepat penyuntikan untuk mencapai kekebalan kelompok secepat mungkin, jadi mohon kepala daerah memiliki skenario dan tolong pimpin langsung, sehingga kepala Dinas Kesehatan pede (percaya diri) pada saat melakukan eksekusi," kata Mendagri.