BMKG Sebut 4 Daerah di Sulawesi Tenggara Status Siaga Banjir
Ilustrasi - Warga kebanjiran di Kecamatan Lasusua, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Desember 2020 (Foto: Lukman/Jojon/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan empat daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berstatus siaga banjir karena berpotensi diguyur hujan lebat yang dapat mengakibatkan banjir bandang.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Sugeng Widarko mengatakan keempat daerah tersebut yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan dan Konawe Utara.

"Keempat daerah itu status siaga. Potensi dampak hujan lebat dapat mengakibatkan banjir bandang. Untuk di Kabupaten Konawe berpotensi terjadi di Kecamatan Meluhu, Amonggedo, Morosi, Pondidaha, Besulutu, Sampara, Soropia, Lalonggasumeeto, Kapoiala, Bondoala, dan Anggalomoare," kata dia, dilansir Antara, Minggu, 16 Mei.

Kedua, di Kabupaten Konawe Selatan berpotensi di Kecamatan Sabulakoa, Ranomeeto Barat, Landono, Ranomeeto, Moramo Utara, Konda, dan Moramo. Lalau di Kabupaten Konawe Utara berpotensi di Kecamatan Motui, Sawa, dan Lembo.

"Untuk di Kota Kendari berpotensi terjadi hujan lebat di Kecamatan Puwatu, Baruga, Wua Wua, Kambu, Kadia, Poasia, Abeli, Nambo, Kendari, Kendari Barat, dan Mandonga," jelasnya.

Selain itu, BMKG setempat juga menyampaikan, status Waspada di Kabupaten Kolaka Timur di Kecamatan Dangia, Ladongi, Loea, Tirawuta, Tinondo, dan Ueesi. Lalu di Kabupaten Konawe di Kecamatan Onembute, Uepai, Abuki, Tongauna Utara, Tongauna, Wawotobi, Anggotoa, Unaaha, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Pondidaha, Padangguni, Routa, dan Latoma.

"Selanjutnya, di Kabupaten Konawe Utara status waspada di Kecamatan Lasolo, Wawolesea, Lembo Motui, Sawa, Molawe, Asera, dan Andowia," ujar dia.

Kemudian di Kabupaten Konawe Selatan di Kecamatan Sabulakoa, Landono, Ranomeeto, Mowila, Angata, Benua, Basala, Buke, Andoolo Barat, Baito, Palangga, Laeya, Wolasi, MOramo Utara, Konda, Moramo, Kolono, Laonti, Palangga Selatan, Lainea, Andoolo, Tinanggea, dan Lalembuu.

"Berikutnya di Kabupaten Kolaka status waspada di Kecamatan Iwoimendaa, dan Wolo. Kemudian di Kabupaten Kolaka Utara status waspada di Kecamatan Batu Putih, Purehu, Pakue Utara, Pakue Tengah, Pakue, Katoi, Lasusua, Lambai, Ranteangin, Wawo, KOdeoha, Tiwu, Ngapa, dan Watunohu," ujar Sugeng.

Ia menyampaikan prakiraan cuaca berbasis dampak BMKG itu berlaku 17 Mei 2021 pukul 08.00 Wita sampai 18 Mei 2021 pukul 08.00 Wita.