Mau Mudik ke Jawa Pakai Perahu Nelayan, 12 Orang di Buleleng Bali Diminta Putar Balik
Para pemudik yang diminta kembali ke Denpasar karena ketahuan ingin menyeberang ke Jawa dengan perahu nelayan (IST)

Bagikan:

BULELENG - Personel Polres Buleleng, Bali, mencegah belasan pemudik yang menggunakan perahu untuk menyeberang ke Pulau Jawa.

Kasubag Humas Polres Buleleng, Bali, Iptu Gede Sumarjaya mengatakan, timnya bergerak usai mendapatkan informasi adanya penampungan warga masyarakat atau pemudik di rumah milik warga bernama Samsuri alias Suri. Mereka berkumpul di rumah Suri di Banjar Dinas Teluk Terima, Desa Sumberkelampok, Kabupaten Buleleng, Bali. 

"Iya, akan mudik melalui jalur tikus penyebrangan dengan perahu dengan tujuan ke Pulau Jawa, satuan Pol Air Polres Buleleng yang bertugas di pos teluk terima  didampingi Bhabinkamtibmas langsung mendatangi rumah Samsuri," kata Iptu Sumarjaya, Rabu, 12 Mei.

Para pemudik yang berjumlah 12 orang diketahui berkumpul pada Selasa, 11 Mei sekitar pukul 20.30 WITA. Ada 10 orang dewasa dan 2 orang anak-anak serta 5 motor.

"Ke-12 orang tersebut akan melaksanakan mudik ke Jawa yang rencananya menyeberang dengan menggunakan perahu," imbuhnya. 

Polisi dengan pendekatan persuasif meminta mereka tak mudik. Para pemudik diminta kembali ke Denpasar.

"Mereka mau mudik pakai perahu nelayan dan tidak melalui dermaga, melalui pelabuhan rakyat dan mau ke Jawa. Pengakuan (Samsuri) tidak dibayar hanya membantu saja. Tidak, ada penindakan kepada Samsuri hanya teguran saja agar tidak lagi membantu orang mudik," ujar Iptu Sumarjaya.