Bobby Nasution Bakal Realisasikan Janji Bangun Islamic Center, Dimulai dari Masjid Mandiri
Wali Kota Medan Bobby Nasution (tengah)/ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Pemkot Medan, Sumatera Utara, berencana membentuk masjid mandiri yang berfungsi tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga pusat pemberdayaan umat.

Wali Kota Medan Bobby Nasution usai rapat pemberdayaan ekonomi umat  mengatakan ide pembentukan masjid mandiri itu berawal dari niat membangun Islamic Center.

"Islamic Center ini, sebagai pusat peradaban umat Islam di Kota Medan. Sebelum fisiknya terbangun, terlebih dahulu harus dibangun jaringan-jaringan masjid mandiri, sehingga pengelolaan Islamic Center semakin mudah," tuturnya dikutip Antara, Selasa, 12 April

Dengan peluncuran program masjid mandiri nanti, Bobby Nasution berharap mendapat dukungan warga di Kota Medan.

"Saya berharap masyarakat Medan, khususnya organisasi Islam, mendukung dan terlibat dalam pembentukan masjid mandiri ini," kata menantu Presiden Jokowi ini.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Medan Sulaiman Harahap menjelaskan bahwa di Kota Medan terdapat 1.115 masjid dan 653 musala.

Pembentukan masjid mandiri ini didorong oleh niat menggenjot pembangunan di empat bidang yakni pendidikan, ekonomi, sosial, dan kesehatan.

"Empat bidang yang direncanakan ini sesuai dengan visi dan misi dari bapak Wali Kota Medan," terangnya.

Janji Islamic Center di Medan

Bobby Nasution saat masa Pilkada Medan pernah berbicara soal rencana pembangunan Islamic Center. Menurut menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, Islamic Center sudah terlalu lama menjadi wacana, karenanya dia menargetkan pembangunan terealisasi.

Bobby pada September 2020 sempat mengunjungi warga di Kelurahan Tangkahan, Medan Labuhan. Dia mendapat banyak masukan dan aspirasi dari masyarakat yang saya dapatkan, salah satunya persoalan pembangunan Islamic Center.

“Ternyata pembangunan Islamic Center sudah lama diwacanakan, namun hingga saat ini belum direalisasikan. Padahal masyarakat Medan Labuhan sangat berharap adanya Islamic Center di daerah mereka,” kata Bobby.

“Mendengar aspirasi dari masyarakat tersebut, saya dan Bang Aulia telah menargetkan akan membangun Islamic Center di Jalan Rawe VII, Kelurahan Tangkahan, Medan Labuhan dengan luas hingga 100 hektare,” sambungnya.

Bobby Nasution berharap saat Islamic Center segera berdiri. Selain sebagai pusat dakwah dan kajian Islam, juga akan menjadi destinasi wisata religi yang akan membangkitkan ekonomi kerakyatan di Kota Medan.