Minta Pemerintah Gerak Cepat Bantu NTT, Ketua DPD Soroti 2 Fokus Ini
Alat eksavator mengangkut material puing bangunan dan batu yang mengubur Desa Lamanele, Adonara Timur, NTT, Kamis (8/4/2021). (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah bergerak lebih cepat untuk mencairkan bantuan bagi korban bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT). 

La Nyalla menyebut ada dua fokus yang harus diprioritaskan pemerintah. Pertama, perbaikan infrastruktur. Kedua, ketahanan pangan pasca bencana.

“Pemerintah perlu bergerak cepat memberikan edukasi untuk menangani korban bencana, serta berkonsentrasi menangani infrastruktur yang rusak dan ketahanan pangan pasca-bencana,” ujar La Nyalla, Kamis, 8 April.

Dia berharap Pemprov NTT segera berkoordinasi untuk menyiapkan data korban bersama semua unsur, sehingga penanganan bencana akan cepat dan efisien. Termasuk hunian bagi para korban. 

“Bantuan dana untuk biaya sewa hunian dalam rangka pengendalian penyebaran COVID-19, sebaiknya diarahkan oleh pemerintah setempat, agar tidak simpang siur pada pelaksanaan teknisnya,” jelas La Nyalla.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, pihaknya bakal memberikan dana Rp500 ribu untuk tiap keluarga korban bencana banjir dan longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dana tersebut, kata Doni, diberikan untuk menyewa rumah keluarga terdekat sebagai hunian sementara. Pemberian dana bantuan ini juga sebagai upaya mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di lokasi pengungsian.