Deretan Mentor Politik Gibran Rakabuming Raka: Zulkifli Hasan, Ganjar Pranowo, hingga Ahok
Gibran Rakabuming Raka dan Presiden Joko Widodo. (Dok. BMI Setpres)

Bagikan:

JAKARTA – Gibran Rakabuming Raka merupakan Wali Kota Solo Terpilih pada Pilkada Solo 2020. Sebelum terjun ke dunia politik, putra sulung Presiden Joko Widodo itu terlebih dahulu dibimbing oleh sejumlah mentor di tingkat nasional. Siapa sajakah mereka?

Deretan mentor politik Gibran Rakabuming Raka

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, setidaknya ada 3 mentor politik yang pernah membimbing Gibran, antara lain:

1. Zulkifli Hasan

Tokoh pertama yang menjadi mentor politik Gibran adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Dia menjadi mentor Gibran saat masa Pilkada 2020.  

Zulkifli tercatat pernah memberikan empat pesan penting kepada Gibran. “Pertama, jangan lupakan perjuangan pendiri bangsa. Mereka inginkan persatuan, mereka perjuangan persatuan dengan keringat dan darah, hingga korban nyawa, jangan sampai politik kita hari ini justru mendorong perpecahan,” tulis Zulhas di akun Twitter pribadinya @ZUL_hasan, dikutip VOI, Kamis 8 April.

Zulkifli Hasan. (Dok. ICMI)

Pesan kedua, Gibran harus menjaga dan memperjuangkan NKRI dan Pancasila yang merupakan hasil kesepakatan atau konsesus agar masyarakat bisa merasakaan manfaat melalui penafsiran dan pengalaman yang benar.

Pesan ketiga, Gibran diminta untuk melupakan perjuangan para ulama. Dan pesan keempat alias yang terakhir, selalu bergandengan dengan dua sayap yang menjaga negeri ini, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

2. Ganjar Pranowo

Mentor politik kedua Gibran Rakabuming Raka adalah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Ganjar yang notabene adalah kader PDI Perjuangan, kerap terlibat dalam berbagai kegiatan untuk mengerek elektabilitas Gibran yang saat itu baru pertama kali terjun ke dunia politik.

Ganjar Pranowo. (Dok Pemprov Jateng).

Misalnya saja, pada pagi hari menjelang debat publik Pilkada Solo, Jumat 6 April 2020 lalu, sambil sarapan soto di Warung Soto Gading, Ganjar memberikan tips kepada Gibran agar tampil tenang dan memiliki mental pemenang.

Selain itu, Ganjar juga ikut blusukan Gibran ke pasar klitikan Notohardjo. Dalam kesempatan itu, Ganjar mengingatkan Gibran untuk napak tilas program Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo yang terkenal gemar blusukan dan membenahi pasar-pasar tradisional.

3. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Mentor politik Gibran yang terakhir adalah Ahok. Kedua tokoh ini baru saja bertemu di Rumah Dinas, Loji Gandrung, Rabu 7 April malam kemarin.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Instagram/@basukibtp).  

kendati pertemuan tersebut dianggap bukan pertemuan istimewa, namun Gibran mengaku belajar dari Ahok yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina.

“Tadi banyak masukan, terutama ruang terbuka hijau perlu ditambahin lagi. Tadi juga banyak bicara soal leadership. Beliaukan termasuk orang yang saya idolakan ya. Orangnya tegas dan apa-apa gercep (gerak cepat, red),” tutur Gibran.