Bagikan:

JAKARTA - Kehadiran Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang disambut dan diapresiasi positif oleh masyarakat Rempang dan Galang. Wilayah Rempang yang dulu hanya memiliki dua puskesmas, di Rempang Cate dan Galang, kini bisa mendapat layanan kesehatan yang lebih lengkap dan terjangkau.

Selama hampir satu tahun sejak reaktivasi RSKI di Pulau Galang, masyarakat sekitar Rempang dan Galang mulai merasakan dampak dari layanan kesehatan yang diberikan. Rumah sakit yang dulunya digunakan sebagai pusat penanganan pasien COVID-19 ini kini bertransformasi untuk menyediakan layanan kesehatan umum bagi masyarakat.

Selama satu tahun terakhir, RSKI Galang aktif mengadakan berbagai kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan, yang melibatkan posyandu serta puskesmas setempat, hingga layanan home care bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan mobilitas, terutama lansia atau mereka dengan kondisi khusus.

Dalam upaya meningkatkan fasilitas kesehatan di kawasan Rempang dan Galang, Artha Graha Peduli melalui Arthakes melibatkan masyarakat setempat sebagai tenaga kesehatan. Sebelum bergabung, mereka diberikan pelatihan dan penyesuaian kualifikasi sesuai standar yang dibutuhkan.

“Saya ingin berkontribusi untuk meningkatkan kesadaran dan fasilitas kesehatan bagi sekitar saya yang masih belum optimal. Saya melihat masih banyak warga yang membutuhkan edukasi lebih tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pencegahan penyakit. Harapan saya, dengan fasilitas yang terus meningkat dan keterlibatan tim medis dari warga setempat, akses dan kesadaran kesehatan masyarakat bisa lebih baik,” ungkap Nia, tenaga kesehatan Arthakes asal Sijantung, Minggu, 27 Oktober.

Program-program ini tidak hanya mendukung peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memberikan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik, tetapi juga membantu membangun pemahaman baru di kalangan warga mengenai pentingnya pencegahan penyakit dan gaya hidup sehat.

Reaktivasi RSKI oleh Artha Graha Peduli diawali dengan penandatanganan kerja sama pada Jumat, 17 November 2023, oleh Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan, Pangdam I/BB, dan Fernaldi Anggadha yang mewakili Artha Graha Peduli.

"Kami berusaha untuk selalu dekat dengan masyarakat melalui sosialisasi hingga pelayanan kesehatan, serta layanan home care bagi warga yang tidak bisa berobat ke RSKI. Pendekatan kami tidak hanya berfokus pada pengobatan, tapi juga pada pencegahan, seperti pemeriksaan kesehatan rutin dan edukasi pola hidup sehat," jelas dr. Aulia, tenaga medis Arthakes.

Bapak Burhan, seorang lansia yang mendapatkan layanan home care, merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. "Dulu kalau mau berobat harus jauh-jauh ke kota, tapi sekarang tim dokter datang langsung ke rumah. Ini sangat membantu, apalagi bagi saya yang sudah sulit berjalan jauh," ungkapnya.

Selain itu, peningkatan kesadaran kesehatan juga terlihat dalam pola hidup warga sehari-hari. Banyak warga kini lebih peduli pada pola makan sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. RSKI Galang tidak hanya menyediakan layanan kesehatan, tetapi juga menjadi pusat edukasi yang membantu warga memahami pentingnya pencegahan daripada sekedar pengobatan.

Suasana pelayanan kesehatan di RSKI Galang (Ist)
Suasana pelayanan kesehatan di RSKI Galang (Ist)

Dengan kesadaran yang semakin meningkat, warga berharap RSKI Galang terus hadir dan memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat, khususnya di wilayah Rempang dan Galang. Program-program seperti pelayanan kesehatan dan home care, serta sosialisasi kesehatan, diharapkan dapat terus berjalan sehingga semakin banyak warga yang merasakan manfaatnya.

Dengan adanya fasilitas dari RSKI Galang, masyarakat Rempang, Galang, dan sekitarnya diharapkan dapat lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan, karena berbagai fasilitas, tenaga kesehatan, dan layanan kesehatan umum telah tersedia di RSKI Galang.