Bagikan:

YOGYAKARTA - Profil Kombes Ahrie Sonta, sekretaris pribadi (Sekpri) Kapolri Jenderal Listyo Sigit, menjadi sorotan publik karena dipilih sebagai ajudan Presiden Prabowo Subianto. Dengan pelantikan tersebut, Ahrie akan menggantikan tugas Mayor Teddy Indra Wijaya. Listyo mengungkapkan, pada saat ini Ahrie sedang menjalani orientasi bersama sekretariat militer presiden atau Setmilpres.

"Sudah [dipilih jadi ajudan Prabowo], tinggal tunggu diaktifkan. Mungkin saat ini masih orientasi," ujar Listyo kepada wartawan, Kamis 23 Oktober.

Dia juga menambahkan, Ahrie menjadi salah satu dari enam personel berpangkat Kombes yang mengikuti tes dari Setmilpres untuk menjadi ajudan Prabowo.

Simak profil Kombes Ahrie Sonta di bawah ini.

Presiden Prabowo Subianto melantik jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara Jakarta Senin, 21 Oktober 2024. (BPMI Setpres-Laily Rachev)

Profil Kombes Ahrie Sonta 

Ahrie merupakan alumni dari akademi kepolisian (Akpol) pada tahun 2002. Dia dikenal sebagai Sekpri Kapolri karena sering menyampaikan kasus yang ditangani Polri melalui akun media sosialnya di X @ahriesonta.

Pria yang lahir di Bandung pada 2 April 1981 ini sempat menduduki sejumlah posisi di korps Bhayangkara. Salah satunya adalah Kapolres Tanjung Priok. Selanjutnya, dia juga sempat mendapat amanat sebagai Kepala Unit II Subdit II Ditresnarkoba Polda Metro Jaya hingga Mabes Polri.

Ia menjadi orang pertama di angkatannya yang menerima kenaikan pangkat luar biasa dari AKBP menjadi Kombes, melalui Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB).

Selain itu, Ahrie juga sempat tergabung dalam Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Operasi Nemangkawi di Papua dan tim tangkap Djoko Tjandra di Malaysia terkait kasus korupsi pengalihan hak tagih Bank Bali. Ahrie Sonta juga pernah ikut bergabung dalam tim SAR Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 pada tahun 2021 di Posko JICT II, saat dirinya menjabat sebagai Kapolres Tanjung Priok.

Pendidikan Ahrie Sonta

Ahrie juga sudah menyelesaikan sejumlah pendidikannya seperti Politie Academy Apeldoorn Belanda, Crime Scene Analysis By Visual Comparison di Münster Jerman hingga Joint Special Operation University, US Command Center, Tampa, Florida, Amerika Serikat.

Selain itu, ajudan yang menggantikan Mayor Teddy ini juga sudah merampungkan pendidikan PTIK pada tahun 2009, mendapatkan gelar doktor ilmu kepolisian 2018, dan menyelesaikan pendidikan Sespimmen pada 2016 dan Sespimti pada 2024.

Demikianlah ulasan mengenai profil Kombes Ahrie Sonta yang menjadi ajudan Presiden Prabowo Subianto. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.