Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani bersama pimpinan DPR lainnya telah menetapkan susunan pimpinan komisi pada hari ini, mulai dari Komisi I DPR hingga Komisi XI DPR. Sisanya, dua tambahan komisi baru yakni Komisi XII dan Komisi XIII akan dilakukan besok, Rabu, 23 Oktober. 

"Alhamdulliah sudah selesai rapat nama-nama pimpinan dan anggota fraksi setiap komisi, 13 komisi beserta seluruh AKD dan badan. Jadi sekarang pimpinan DPR maraton menetapkan 11 Komisi karena komisi XIII dan XIII insyaAllah akan ditetapkan besok," ujar Puan, Selasa, 22 Oktober. 

Puan mengungkapkan, penetapan susunan pimpinan 13 komisi tidak langsung diumumkan dalam rapat paripurna hari ini. Sebab, setiap fraksi hanya diminta secara tertulis perihal nama-nama perwakilan pimpinan fraksi di komisi kepada Kesetjenan DPR. 

"Jadi biasanya itu nama-nama dari pimpinan ditetapkan di komisi. Dan usulan itu tadi sudah diusulkan setiap fraksi oleh Kesekjenan. Tadi memang pada tayangkan tidak di tulis saja siapa pimpinannya," ungkapnya. 

Puan menuturkan, penetapan ketua dan wakil ketua di setiap komisi secara otomatis telah dilantik sebagai pimpinan. Hanya saja, kata di, tidak ada acara khusus untuk melantik pimpinan komisi. 

"Sudah langsung dilantik. Ini kita semua pimpinan maraton muter-muter ke semua komisi dan badan untuk menetapkan, (tapi) bukan melantik kalau di DPR, menetapkan pimpinan-pimpinan komisinya dari setiap fraksi yang sudah ditetapkan secara musyawarah dengan mufakat dan disetujui dalam rapat konsultasi, rapat pimpinan dan rapat konsultasi sesuai denhan mekanisme yang ada di DPR," jelas Puan. 

 

Ketua DPP PDIP itu berharap, masing-masing komisi bisa bekerjasama dengan para mitra kerja kementerian. Dia memastikan, DPR akan menggunakan fungsi pengawasannya terhadap kinerja Menteri Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo-Gibran. 

"Ya selamat bekerja, kita lihat bagaimana kemudian nanti kementerian atau menteri-menteri ini bekerja untuk bangsa dan negara," pungkasnya.