Bagikan:

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) M. Hasanuddin Wahid menyatakan keyakinannya bahwa target swasembada pangan yang diusung oleh Presiden Prabowo Subianto dapat terwujud dengan baik. Ia menyebutkan bahwa swasembada pangan adalah tugas utama pemerintah dalam memastikan tidak ada rakyat yang kelaparan.

"PKB sangat optimistis. Tugas utama pemerintah adalah memastikan rakyat kenyang, dan kami yakin Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan," ungkap Hasanuddin di Kompleks MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu, 20 Oktober.

Hasanuddin menguraikan lima langkah penting yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan program swasembada pangan. Langkah pertama adalah menghimpun seluruh pihak yang memiliki pemahaman mendalam tentang pangan. Kedua, merancang peraturan yang melindungi sektor pangan, mulai dari hulu hingga hilir.

Selain itu, ia menekankan pentingnya mencegah kebocoran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan menempatkan petani serta nelayan sebagai subjek utama pembangunan pangan. Langkah terakhir adalah memperluas diversifikasi lahan pangan di seluruh Indonesia.

Presiden Prabowo Subianto sebelumnya juga menargetkan swasembada pangan dalam pidato kenegaraan perdananya. Ia optimistis bahwa dalam 4-5 tahun, Indonesia tidak hanya mencapai swasembada, tetapi juga siap menjadi lumbung pangan dunia.

Sidang Paripurna MPR RI yang digelar pada Minggu itu turut menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024–2029.