Bagikan:

JAKARTA – Wakil Presiden Republik Indonesia yang baru dilantik, Gibran Rakabuming Raka, mengantar Wakil Presiden ke-13 Ma'ruf Amin meninggalkan Istana Wakil Presiden di Jakarta pada Minggu 20 Oktober. Acara ini menandai akhir masa jabatan Ma'ruf Amin setelah lima tahun mengabdi sebagai Wapres mendampingi Presiden Joko Widodo.

Setelah prosesi penyerahan memori jabatan kepada Gibran, Ma'ruf Amin dan istrinya, Wury Ma'ruf Amin, meluangkan waktu untuk beramah tamah dengan pegawai Sekretariat Wakil Presiden. Gibran dan istrinya, Selvi Ananda, turut menemani Ma'ruf Amin hingga ke pintu mobil, memperlihatkan keakraban antara kedua keluarga.

Sebelum meninggalkan Istana, Ma'ruf Amin juga bersalaman dengan para pegawai Sekretariat Wakil Presiden yang menyanyikan ucapan terima kasih kepada Wapres yang baru saja mengakhiri masa jabatannya.

"Terima kasih bapak, terima kasih ibu, kami ucapkan," demikian nyanyian para pegawai saat mengiringi kepergian Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin bersama Wury kemudian meninggalkan Istana Wapres menggunakan mobil Toyota Alphard B 1389 ZZR menuju kediaman pribadinya di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo, telah resmi dilantik sebagai Wakil Presiden RI periode 2024–2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI. Bersama Presiden Prabowo Subianto, Gibran diambil sumpah untuk memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan.

Dalam sumpahnya sebagai Wakil Presiden, Gibran berjanji akan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan berbakti kepada bangsa dan negara.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ucap Gibran dalam sumpahnya.