Bagikan:

JAKARTA - Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengatakan proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon menteri untuk pemerintahannya mendatang sudah berjalan lama.

"Sebenarnya prosesnya sudah berjalan lama. Pimpinan-pimpinan partai koalisi mengajukan nama-nama yang akan kami pelajari," kata Prabowo dilansir ANTARA, Jumat, 11 Oktober.

Selain memantau, Prabowo juga telah sering mendiskusikan kapabilitas nama-nama calon menteri yang diusulkan bersama timnya.

Prabowo mengatakan dari nama-nama calon menteri yang telah diterima, ada banyak sosok yang dikenal memiliki kapabilitas lebih.

"Saya harus akui, yang diajukan banyak sekali yang sangat bagus, sangat kapabel, dan juga sebagian (nama) sudah lama kita pantau," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan tim dari Prabowo Subianto sedang memproses nama-nama yang akan masuk jajaran kabinetnya.

Nantinya, kata Dasco, akan ada semacam uji kelayakan dan kepatutan terhadap nama-nama tersebut.

"Yang pertama tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu finalisasi. Nanti akan ada fit and proper test. Walaupun sudah dilakukan oleh tim, tetapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka, untuk kemudian dalam tahap finalisasi," katanya.