Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden meminta warga Florida yang terdampak Badai Milton mengikuti instruksi keselamatan dari pejabat setempat di tengah terjangan bencana.

Biden memperkirakan Badai Milton menjadi salah satu badai paling merusak dan terburuk yang melanda Florida dalam lebih dari satu abad.

"Milton masih membawa kerusakan yang luar biasa, dapat memusnahkan masyarakat, dapat menyebabkan hilangnya nyawa," kata Biden jelang ketibaannya di pantai barat Florida, Rabu 9 Oktober waktu setempat, dikutip dari CBN News.

"Saya meminta semua orang yang berada di jalur badai Milton untuk mendengarkan pejabat setempat dan mengikuti semua petunjuk keselamatan yang mereka berikan. Pada titik ini, evakuasi mungkin sulit, jadi saya mendorong orang untuk mencari tempat berlindung yang lebih aman, terkadang pindah beberapa mil saja dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati," tuturnya.

Biden meyakinkan warga Florida terdampak Badai Milton bahwa pemerintah tidak tinggal diam terus memberikan dukungannya untuk penyelamatan dan pemulihan di tengah bencana.

"Kami mendukung Anda," imbuhnya.

Biden mengatakan pihaknya sedang mengkalkulasi aset federal yang dapat diterjunkan dalam penanganan badai ini. Termasuk bantuan pangan.

"Ada 20 juta makanan dan 40 juta liter air yang siap dikirim," katanya.

Saat ini, kata dia, Pentagon telah menerjunkan tim pencarian dan penyelamatan, termasuk mengerahkan helikopter dan kendaraan air.

Biden diketahui menunda perjalanannya ke Jerman pada hari ini, Kamis 10 Oktober, imbas warga Florida mengalami dampak parah Badai Milton.