Bagikan:

YOGYAKARTA – Calon Presiden terpilih Prabowo Subianto belum lama ini memberikan bocoran terkait sosok yang akan mengisi jabatan menteri dalam kabinetnya. Perlu diketahui bahwa Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa susunan kabinet Prabowo akan diketahui h-5 pelantikan presiden. Meski demikian bocoran menteri Prabowo jadi informasi yang menarik dan layak ditunggu.

Bocoran Menteri Prabowo

Bocoran menteri disampaikan secara langsung oleh Prabowo Subianto saat menghadiri acara BNI Investor Daily Summit yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2024).

Dalam penjelasannya, Prabowo mengaku bahwa menteri yang akan menjabat di pemerintahannya akan banyak diisi nama-nama yang sekarang menjadi menteri di era Presiden Jokowi. Meski demikian Prabowo juga membocorkan adanya nama baru yang mengisi pos jabatan menteri. Kondisi itu, menurutnya, baru diketahui di tengah penyusunan formasi menteri di kabinetnya.

"Bahkan dalam saya menyusun kabinet, kok saya melihat banyak juga ya menteri-menteri yang akan datang, banyak juga yang berada di kabinet yang sekarang," kata Prabowo, Rabu (9/10/2024).

Selain itu Prabowo juga mengatakan bahwa dalam pemilihan nama, ia tak mempermasalahkan latar belakang pribadinya. Yang penting nama yang ia pilih punya kemampuan untuk memberikan yang terbaik.

"Kita tidak memikirkan orang tuanya siapa, agamanya apa, sukunya apa, rasnya apa. Dia mampu atau tidak, dia bisa atau tidak, dia berjuang atau tidak. Mampu nggak dia deliver, mampu nggak dia berbuat yang terbaik untuk bangsa dan rakyat, nah itu yang kita cari," kata Prabowo.

Nama Pengisi Jabatan Menteri Prabowo

Meski tak secara gamblang menyebut nama, ada dugaan salah satu menteri era Jokowi yang akan lanjut jadi menteri era Prabowo adalah Bahlil Lahadalia. Saat ini Bahlil menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di era Presiden Jokowi.

Dugaan tersebut muncul secara tidak langsung melalui pernyataan Bahlil Lahadalia ketika memberi sambutan di hadapan pengusaha Migas di acara Malam Penghargaan Keselamatan Migas, Jakarta. Dalam kesempatan itu Bahlil menyebut 'angin minyak' sebagai kode keberlanjutannya sebagai Menteri ESDM di era Prabowo.

"Hanya Tuhan dan yang punya kewenangan yang mengerti apakah kita ditempatkan di mana, tapi rasa-rasanya sih angin-anginnya masih seperti angin minyak dan baunya masih bisa kita lihat," kata Bahlil seperti yang diberitakan VOI.

Gemuknya Jumlah Menteri Prabowo

Prabowo juga memberi sinyal bahwa kabinet yang akan ia pimpin akan gemuk dengan alasan luasnya negara Indonesia. Ditambah masalah yang dihadapi diakui Prabowo cukup kompleks. Sayangnya tidak dikatakan secara langsung seberapa “gemuk” kabinet Prabowo nanti.

"Negara kita luas nya sama dengan eropa, eropa 27 negara kita 1 negara," ujarnya.

Itulah informasi terkait bocoran menteri Prabowo. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.