Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi kerja sama antara semua pihak dalam kerja-kerja DPR Periode 2019-2024. Sambil teteskan airmata, Puan juga meminta maaf atas kekurangan kinerja DPR RI selama lima tahun belakangan ini. 

Permintaan maaf tersebut disampaikan Puan saat memimpin Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025. Rapat Paripurna ini menjadi rapat terakhir DPR periode 2019-2024.

"Apa yang telah kita kerjakan pada masa sidang ini dan selama 5 tahun masa kerja merupakan kerja kolektif dari seluruh anggota DPR RI, Komisi, Badan, dan Alat Kelengkapan Dewan lainnya,” ujar Puan saat menyampaikan pidato dalam Rapat Paripurna terakhir DPR periode 2019-2024 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 30 September. 

“Atas nama Pimpinan DPR RI, kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas capaian kerja Bapak/Ibu yang terhormat, seluruh Anggota DPR RI,” sambungnya. 

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu menilai DPR RI harus terus menyempurnakan diri, menerima kritik dan otokritik, memperbaiki segala kekurangan, meningkatkan kualitas kelembagaan, serta semakin memenuhi harapan rakyat.

Puan juga mengucapkan terima kasih kepada para mitra kerja DPR atas kerja sama dalam membangun bangsa. Puan pun menyampaikan permohonan maaf bila ada hal yang kurang berkenan selama kerja bersama pada periode DPR ini.

“Atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPR RI periode 2019-2024, kami menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Pemerintahan, Lembaga Negara serta seluruh mitra kerja lainnya dalam membangun Indonesia. Kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama bermitra terdapat hal-hal yang kurang berkenan,” ungkapnya.

Puan juga mengapresiasi kerja dari media yang ikut mengawal jalannya kedaulatan rakyat. Menurutnya, semua kritik dan saran dari rekan-rekan pers yang diberikan kepada dewan telah menjadi bahan masukan yang sangat berharga bagi perbaikan DPR.

"Kami juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para akademisi, para pakar, para mahasiswa, kalangan intelektual, LSM, dan komponen masyarakat yang telah menjadi mitra kritis atas setiap kebijakan negara yang diputuskan oleh DPR RI. Semoga partisipasi dalam mengawal kebijakan publik tersebut terus dapat dilakukan karena dapat mencerdaskan kehidupan bangsa,” tambah Puan.

Atas nama pimpinan dan anggota DPR periode 2019-2014, Puan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungan selama ini. Ia juga meminta maaf kepada masyarakat apabila dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, DPR masih memiliki kekurangan.

"Atas nama Pimpinan dan seluruh Anggota DPR RI, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan rakyat kepada kami sehingga dapat menjalankan kedaulatan rakyat yang diamanatkan kepada kami," ucap Puan.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan kami selama menjalankan tugas. DPR RI akan selalu menyempurnakan diri agar semakin dekat dengan harapan rakyat," pungkasnya.