Bagikan:

MUKOMUKO - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar pada 2025 untuk pengadaan sekaligus pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 125 titik yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini.

"Tahun depan itu anggarannya sama dengan tahun ini sebesar Rp1 miliar," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko Sirat Purnama di Mukomuko, Antara, Minggu, 29 September. 

Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko pada tahun 2024 mendapat alokasi anggaran sebesar Rp1 miliar untuk kegiatan pengadaan sekaligus pemasangan lampu PJU di wilayah kecamatan Kota Mukomuko.

"Kegiatan pengadaan dan pemasangan lampu penerangan jalan umum di daerah ini tahun 2024 sudah tuntas 100 persen," ujarnya.

Ia mengatakan, selain anggaran kegiatan pengadaan dan pemasangan lampu PJU tahun 2024 dan 2025 sama, sumber tenaga listrik yang digunakan juga bersumber dari PLN daerah ini.

Kemudian, kata dia, jumlah titik pemasangan lampu PJU pada 2025 juga sama dengan tahun ini sebanyak 125 titik, tetapi lokasi pemasangannya yang berbeda. Lokasinya diprioritaskan kecamatan induk terlebih dahulu, baik yang berada di sepanjang jalan nasional maupun kabupaten.

"Kecamatan induk di daerah ini ada yang berada di sepanjang jalan nasional, sebenarnya jalan nasional itu menjadi tanggung jawab balai, namun lokasinya di wilayah kecamatan daerah ini," ujarnya.

Sebenarnya, menurut dia, jalan nasional menjadi kewajiban kementerian untuk menyiapkan fasilitasnya, termasuk salah satunya lampu.