Pemkab Mukomuko Terima Kucuran Rp19 M Dana DAK untuk Bangun 2 Titik Jalan dan 2 Irigasi
Ilustrasi. Petani menyusuri tanggul saluran irigasi di persawahan Desa Wonokerso, Temanggung, Jateng, Kamis 21 Februari 2019. (ANTARA-Anis Efizudin)

Bagikan:

BENGKULU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko bakal menerima kucuran dana Rp19 miliar untuk pembangunan jalan dan peningkatan saluran irigasi. Anggaran itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tematik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko Apriansyah mengatakan, DAK tematik itu bakal diterima Pemkab Mukomuko pada tahun 2024.

"Dari DAK sebesar Rp19 miliar lebih, untuk bidang jalan ada dua titik, dengan anggaran satu titik sebesar Rp9 miliar lebih, dan satu titik lagi Rp8,6 miliar, lalu pembangunan irigasi dua titik, sebesar Rp2,2 miliar atau masing-masing Rp1,1 miliar," ujarnya di Mukomuko, Bengkulu, Rabu 27 Desember, disitat Antara.

Ia menjelaskan, bidang jalan ada dua titik, salah satunya ruas jalan di wilayah Kecamatan Penarik, yakni lanjutan DAK tahun lalu tuntas tahun 2024, yaitu ruas jalan penghubung Desa Wonosoba menuju Desa Lubuk Selandak.

Kemudian DAK tematik untuk pembangunan ruas jalan di satuan pemukiman (SP) IX dan SP VIII, yaitu Desa Tanjung Mulya hingga Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lubuk Pinang.

Lalu, DAK bidang sumber daya air di daerah ini, katanya, dua titik, yakni dana untuk kegiatan peningkatan saluran irigasi Daerah Irigasi (DI) Selagan dan peningkatan saluran irigasi Air Payang di Kecamatan Selagan Raya.

"Insya Allah dua DAK tersebut dapat berjalan pada awal tahun 2024 karena rencana kegiatan (RK) pembangunan dua ruas jalan dan peningkatan saluran irigasi final," ujarnya.

Selanjutnya, katanya, instansinya tinggal menunggu pagu anggaran untuk melanjutkan pembangunan jalan dan peningkatan dua titik saluran irigasi turun dari pemerintah pusat.

"Tinggal menunggu pagu anggaran turun. Kalau nanti sudah ada finalisasi SK penetapan, atau Peraturan Menteri Keuangan (PMK) keluar, kami langsung melakukan pelelangan kegiatan yang bersumber dari DAK tersebut," ujarnya.