Bagikan:

JAKARTA - Hassan Nasrallah, yang diklaim Israel tewas dalam serangan di Beirut selatan, mengubah Hizbullah menjadi salah satu kekuatan paramiliter paling kuat di Timur Tengah.

Sebagai salah satu anggota pendiri kelompok yang dibentuk empat dekade lalu dengan bantuan Iran, Nasrallah naik ke puncak kepemimpinan Hizbullah pada tahun 1992.

Ia menggantikan pendahulunya dan mentornya, Abbas Musawi, sebagai sekretaris jenderal Hizbullah, setelah ia dibunuh oleh Hizbullah. serangan helikopter Israel.

Dilansir CNN, Sabtu, 28 September, lahir dari seorang pedagang dan istrinya di Beirut pada bulan Agustus 1960, Hassan Nasrallah menghabiskan awal masa remajanya di bawah bayang-bayang perang saudara di Lebanon.

Ketika Israel menginvasi Lebanon pada tahun 1982, Hassan  Nasrallah mengumpulkan sekelompok pejuang untuk melawan pendudukan – yang kemudian berkembang menjadi Hizbullah.

Dalam pernyataan yang mengumumkan kematiannya, militer Israel mengatakan Hassan Nasrallah bertanggung jawab atas pembunuhan banyak warga sipil dan tentara Israel, serta perencanaan dan pelaksanaan ribuan kegiatan teroris.

Israel menyebutnya sebagai pengambil keputusan utama dan pemimpin strategis organisasi.