Bagikan:

JAKARTA  - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil bakal memberdayakan para pensiunan aparatur sipil negara (ASN) dalam menjalankan program menghijaukan Jakarta. Sebab, mereka dianggap memiliki pengalaman.

"Membangun Jakarta hanya bisa dilakukan bersama-sama. Para pensiunan PNS ini sudah sangat berpengalaman mengurus Jakarta. Alhamdulillah mereka semangat mau turut membantu,” ujar Ridwan Kamil usai diskusi dengan para pensiunan ASN Jakarta di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis, 26 September.

Program Lingkungan Hidup yang disiapkan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Ridwan Kamil-Suswono bertujuan untuk menciptakan Jakarta yang lebih hijau, sehat, dan inklusif.

Program tersebut memiliki tiga pilar utama, yakni pengurangan polusi, penambahan dan revitalisasi ruang terbuka hijau dan public space, serta kebijakan atap hijau.

Menurutnya, para pensiunan ASN Pemprov Jakarta dapat membantu dalam tahapan sosialisasi program-program terkait kebijakan atap hijau

Melalui kebijakan ini, diharapkan gedung-gedung di Jakarta dapat memanfaatkan atap sebagai ruang hijau untuk meningkatkan daya serap karbon dioksida serta menurunkan suhu kota.

"Saya tanya ke pensiunan PNS apakah mau aktif membantu karena kita prinsipnya DKI: Desentralisasi, Kolaborasi, dan Inovasi, jadi misalkan mereka ikut menyosialisasikan pengentasan kekumuhan. Gayung bersambut,” kata Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Ridwan Kamil sempat menyatakan penghijauan akan menjadi program yang akan dijalankan diawal kepemimpinannya jika menang dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Menurutnya, jalan-jalan di wilayah Jakarta yang akan menjadi fokus pertama dalam program penghijauan tersebut.

"Dua tahun pertama yang akan kami lakukan bapak dan ibu, kita akan menghijaukan seluruh jalan-jalan di Jakarta," ujarnya