Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tessa Mahardika memastikan tak ada masalah internal terkait siapa yang mengumumkan hasil laporan penggunaan fasilitas jet pribadi yang disampaikan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Hal ini disampaikannya menanggapi pernyataan Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango yang menyebut penyampaian hasil laporan harusnya dilakukan oleh Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. Sementara Pahala sejak awal menyebut pengumuman bakal disampaikan pimpinan lembaga.

“Tidak ada permasalahan di internal siapa yang akan menyampaikan,” kata Tessa kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 24 September.

Tessa menyebut urusan siapa yang mengumumkan sebenarnya hanya masalah teknis. Tapi, yang terpenting adalah keputusan yang disampaikan.

“Tentunya apa pun yang disampaikan itu keputusan bersama lembaga,” tegasnya.

Lagipula, proses administrasi masih diselesaikan saat ini. KPK  meminta publik menunggu hasil yang akan dibacakan.

“Kita tunggu sama-sama harapannya tidak terlalu lama, beberapa hari ke depan sudah ada rilis terkait pelaporan saudara KP di Direktorat Gratifikasi. Jadi masih berlangsung (proses administrasinya, red) dan harapannya tidak lama,” ungkap juru bicara berlatar belakang penyidik tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango melempar ‘bola panas’ soal pengumuman hasil laporan penggunaan fasilitas jet pribadi yang disampaikan Ketua Umum PSI yang juga anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Katanya, pengumuman itu seharusnya dibuat oleh Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. Apalagi, anak buahnya tersebut sering membuat pernyataan soal laporan yang disampaikan Kaesang sejak awal.

“Selama ini kan yang membuat pernyataan Deputi Pencegahan (dan Monitoring, red),” kata Nawawi kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 24 September.

Nawawi mengatakan tanpa pimpinan, Pahala bisa membuat keterangan. “Kalau sejak awal dia berani ngomong kayak gitu, ya, termasuk yang seperti ini cukup saja disampaikan,” tegasnya.

Sedangkan Pahala Nainggolan sejak awal menyatakan pimpinan yang akan menyampaikan hasil laporan Kaesang. Dia bahkan bilang sudah menyerahkan nota dinas ke meja atasannya.

“Saya sudah mengirimkan nota dinas tentang hasil analisa dan usulan putusannya ke pimpinan,” kata Pahala kepada VOI melalui pesan singkat, Senin, 23 September.

“Selanjutnya pimpinan yang putuskan dan umumkan,” sambungnya.