Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) yang maju dalam Pilpres AS 2024, Kamala Harris mengecam rivalnya, Donald Trump yang menyebar isu imigran Haiti memakan kucing peliharaan orang lain.

Harris menyebut Trump telah memainkan "politik kebencian" lantaran telah memberikan pernyataan hoaks terhadap imigran Haiti di Springfield, Ohio, AS.

"Anda [Trump] tidak dapat dipercaya untuk berdiri di balik cap presiden Amerika Serikat, terlibat dalam retorika kebencian yang, seperti biasa, dirancang untuk memecah belah kita sebagai sebuah negara," kata Harris dalam acara panel National Association of Black Journalists di Philadelphia, AS, Selasa 17 September waktu setempat, dikutip dari CBN News.

Trump menuduh imigran Haiti mengonsumsi hewan peliharaan warga Springfield dalam debat Pilpres AS 2024 pada pekan lalu. Penegasan Trump tentang isu hoaks tersebut viral dan terus beredar di media sosial. Imbasnya, Kota Springfield harus meningkatkan keamanannya.

Gubernur Ohio, Mike DeWine telah menginstruksikan sekolah-sekolah di Springfield dijaga kepolisian untuk memberikan keamanan tambahan setelah munculnya sejumlah teror bom.

"Lihat, orang tua takut, dan ketika orang tua takut, kita perlu bereaksi. Dan saya tidak menyalahkan mereka," kata DeWine dalam sebuah wawancara, Senin sore 16 September.