Bagikan:

MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kecepatan angin di sejumlah perairan Sulawesi Utara dan sekitarnya antara 6 - 25 knot.

"Pada umumnya angin bertiup dari arah selatan-barat dengan kecepatan 6 - 25 knot," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Aror di Manado, Sabtu.

Kecepatan angin tertinggi menurut dia, terpantau di perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, perairan Kabupaten Kepulauan Sitaro, perairan Bitung-Likupang, dan Laut Maluku Bagian Utara.

Tingginya kecepatan dan lamanya durasi tiupan angin dapat menyebabkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah tersebut dan sekitarnya.

"BMKG gelombang antara 1,25 - 2,5 meter (sedang), diperkirakan terjadi di Laut Sulawesi bagian barat dan tengah, perairan timur Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selanjutnya, perairan timur Kabupaten Kepulauan Sitaro, perairan Bitung-Likupang, perairan selatan Sulut dan Laut Maluku.

"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah area peringatan dini diharapkan mempertimbangkan kondisi tersebut," ajaknya