BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Perairan Sulut
Ilustrasi PIXABAY

Bagikan:

MANADO - Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tentang kewaspadaan terhadap gelombang setinggi 2,5-4 meter di sejumlah perairan Sulawesi Utara dan sekitarnya.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi hingga esok hari," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror, dikutip Antara, Selasa, 14 Desember.

Dia menjelaskan secara umum pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat-utara laut dengan kecepatan berkisar 4-15 knot.

Tinggi gelombang 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Sitaro, perairan Bitung-Likupang, Laut Maluku bagian selatan, perairan Kepulauan Sitaro, dan perairan pesisir selatan Sulut.

Tinggi gelombang 2,5-4 meter berpeluang terjadi di sebelah utara perairan Kepulauan Sangihe, sebelah utara dan timur perairan Kepulauan Talaud, dan sebelah utara laut Maluku bagian utara.

"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di area peringatan dini harap memperhatikan kondisi tersebut," katanya.

BMKG memberikan rekomendasi pentingnya diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, di antaranya perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter).

Selain itu, kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter), kapal feri (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter), dan kapal berukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas empat meter).