Bagikan:

JAKARTA - Rusia mencabut akreditasi enam diplomat Inggris di Moskow atas tuduhan spionase.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan pihaknya memperoleh dokumen yang mengonfirmasi bahwa Direktorat Eropa Timur dan Asia Tengah dari kementerian luar negeri Inggris menjadikan tugas utamanya untuk "menyebabkan kekalahan strategis" pada Rusia.

FSB menyebutkan setelah dimulainya "operasi militer khusus" Rusia di Ukraina pada 2022, direktorat tersebut diubah menjadi "layanan khusus" yang bergerak untuk merugikan Rusia.

"Fakta-fakta yang terungkap memberikan dasar untuk mempertimbangkan aktivitas para diplomat Inggris yang dikirim ke Moskow melalui direktorat tersebut sebagai ancaman terhadap keamanan Federasi Rusia," kata FSB dilansir ANTARA dari Anadolu, Jumat, 13 September.

"Sebagai tanggapan atas langkah tidak bersahabat oleh London,  Kementerian Luar Negeri Rusia ... mencabut akreditasi enam pegawai departemen politik Kedutaan Inggris di Moskow, yang ditemukan melakukan kegiatan intelijen dan subversif," bunyi pernyataan itu.

FSB memperingatkan akan adanya tindakan lebih lanjut jika aktivitas serupa dari pegawai misi diplomatik Inggris terungkap.

Pencabutan akreditasi berarti para diplomat tersebut tidak lagi memiliki dasar resmi untuk tetap berada di Rusia. dan mereka harus meninggalkan negara tersebut.