Bagikan:

JAKARTA - Putra sulung Presiden Soekarno, Guntur Soekarnoputra optimis bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta yang diusung PDIP, Pramono Anung-Rano Karno bisa memenangkan Pilgub Jakarta.

Selama ini, Pramono memang jarang mendapat perhatian publik karena posisinya sebagai Sekretaris Kabinet hanya bekerja di balik layar mengurus kabient Presiden Joko Widodo.

Namun, Guntur menilai kehadiran Rano sebagai cawagub bisa mendongkrak nama pasangan calon tersebut. Sebab, Rano yang dikenal sebagai pemeran sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" memiliki basis massa yang banyak.

Hal ini diungkapkan Guntur saat menerima kunjungan Rano Karno di kediamannya, kawasan Menteng, Jakarta Selatan.

"Yang bisa mendongkrak Pramono itu adalah yang namanya Rano Karno. Karena yang dikenal di basis massa itu kamu (Rano). Jadi, dia punya kerjaan mendongkrak. Paling kuat mendongkrak, Rano," kata Guntur, Kamis, 12 September.

Guntur meminta Rano dan Pramono menjaga dan memperkuat basis pendukungnya selama kontestasi Pilkada Jakarta.

Guntur juga berharap Bang Doel, sapaan akrab Rano, bisa turun ke akar rumput untuk menyerap aspirasi yang selama ini belum terakomodir. Sebab persoalan Jakarta dinilai sangat kompleks sehingga masukkan dari masyarakat sangat penting.

"Tadi, saya bilang sama Dek Rano, yang penting sekarang ini optimis. Optimis, pasti menang. Tapi, juga jangan optimis pasti menang saja, setelah itu berjuang. Nah, berjuangnya di mana yang paling penting? Di basis-basis massa," urai Guntur.

"Di atas-atas, mau pilih atau enggak, terserah deh. Tapi, basis massa harus kita pegang, basis massa harus kita menangkan, basis massa harus kita buat betul-betul patriot nasional sejati yang cinta pada Bung Karno," tambahnya.

Melanjutkan, Rano mengaku banyak belajar dari Guntur Soekarnoputra khususnya dalam politik dan tata negara. Sehingga ia perlu mendengar masukkannya, guna bisa melahirkan formula yang tepat untuk Kota Jakarta.

"Saya kenal beliau sudah cukup lama sebetulnya. Tapi mungkin dalam konteks Pilkada ini ya tentu saya minta arahan, karena saya sangat tahu bahwa beliau juga pemerhati Jakarta," pungkas Rano.