Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis jajak pendapat mengenai tingkat dukungan para bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur (cagub-cawagub) Jawa Barat di Pilkada 2024.

Indikator memetakan basis pemilih di Pilpres 2024 dengan para bakal cagub-cawagub Jabar. Mayoritas pemilih Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024 justru memilih Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Peneliti utama Indikator Politik Hendro Prasetyo menjelaskan, Pemilih Ganjar-Mahfud di Jabar yang mendukung Dedi-Erwan sebesar 72,7 persen.

Sementara, yang ingin memilih pasangan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja, yang diusung PDIP di Pilgub Jabar, hanya sebesar 13,7 persen.

"Pak Jeje bersama Ronal, meskipun didukung PDIP, ini belum bisa mengambil banyak (dukungan). Meskipun lumayan, 13,7 persen," kata Hendro dalam pemaparan survei virtual, Kamis, 12 September.

Lalu, sisa basis pemilih Ganjar-Mahfud yang mendukung pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie sebesar 3,5 persen, serta yang memilih Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina 2,5 persen.

Lebih lanjut, bila melihat basis pemilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, mayoritasnya mendukung Dedi-Erwan yakni sebesar 85,8 persen.

"Ini mudah untuk dijelaskan karena memang Prabowo mendukung atau satu partai dengan Dedi Mulyadi, jadi lebih mudah di sini," ucap Hendro.

Sementara, basis pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar paling banyak mendukung Dedi-Erwan, sebesar 50,9 persen. Jumlah dukungan terbanyak kedua kepada Syaikhu-Ilham sebesar 37,1 persen.

"Kalau memang PKS ini diidentikkan dengan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, maka pemilih Anies dan Muhaimin di Jawa Barat separuhnya ke Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan," jelasnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada periode 2-8 September 2024 dengan total sampel sebanyak 1.200 responden yang merupakan warga DKI Jakarta berumur di atas 17 tahun atau sudah menikah.

Penarikan responden diperoleh melalui teknik multistage random sampling dengan margin of error sebesar ± 2,9 persen dan tingkat kepercayaan di angka 95 persen.