Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda mengungkapkan Presiden terpilih Prabowo Subianto telah mengundang Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin untuk membahas susunan kabinet lima tahun ke depan.

Namun, Syaiful Huda enggan membocorkan rincian mengenai jatah menteri PKB dalam kabinet Prabowo-Gibran yang akan datang.

"Diskusi sudah dilakukan, dan ada penawaran yang sedang dibahas. Namun, untuk rincian lebih lanjut, kita belum bisa mengungkapkannya," ujar Syaiful di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 11 September.

Syaiful menambahkan PKB belum mendapatkan informasi lengkap mengenai jumlah nomenklatur yang mencapai angka 40 kementerian.

Saat ini, proses pembahasan mengenai struktur kementerian, termasuk jumlah menteri koordinator (menko) dan kementerian teknis, masih berlangsung.

"Belum ada kepastian mengenai nomenklatur, apakah mencapai 44 kementerian atau berapa banyak menko serta kementerian teknis. Kami belum menerima bocoran lengkap mengenai hal tersebut," ungkapnya.

Syaiful juga menegaskan Prabowo Subianto berharap kabinet baru dapat terbentuk sebelum pelantikan pada 20 Oktober 2024 mendatang.

"PKB siap berkomunikasi lebih lanjut mengenai pos-pos yang akan diisi dalam kabinet. Kami yakin Prabowo ingin memastikan semua nomenklatur dan posisi kementerian sudah ditentukan sebelum tanggal 20 Oktober," tandasnya.