Hujan Abu Tipis dari Awan Panas Guguran Merapi Turun di Magelang
Candi Asu di Desa Sengi, Dukun, Kabupaten Magelang, ditutup plastik untuk mengantisipasi hujan abu dari erupsi Merapi/ANTARA

Bagikan:

MAGELANG - Sebagian wilayah Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengalami hujan abu tipis usai awan panas guguran Merapi.

Seorang warga Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Ismanto, di Magelang, hujan abu tipis diketahui saat warga tengah kerja bakti di makam.

"Warga sedang kerja bakti di makam di bataran Sungai Tringsing tiba-tiba hujan abu. Tetapi kerja bakti tetap berlanjut karena hujan abu tipis tidak begitu mengganggu aktivitas," katanya dikutip Antara, Selasa, 30 Maret.

Awan panas Merapi terjadi pukul 07.06 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 135 detik. Jarak luncur sekitar 1.500 meter ke arah barat daya dan angin bertiup ke utara. Ismanto abu menempel di topi, pakaian dan dedaunan.

Relawan Guruh Merapi Agus Wahyudi mengatakan hujan abu tipis sementara terjadi di Desa Paten, Sengi, Mangunsoko, dan Desa Banyubiru Kecamatan Dukun.

"Berdasarkan laporan sementara beberapa desa di wilayah Kecamatan Dukun tersebut terjadi hujan abu tipis. Laporan bersifat sementara nantinya akan diupdate lagi," katanya.