Bagikan:

YOGYAKARTA - Cak Lontong mendapat tugas menjadi ketua tim pemenangan pasangan Pramono Anung-Rano Karno dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta. Dipilihnya Cak Lontong sebagai timses PDIP pun menarik perhatian banyak orang. Profil Cak Lontong dan sepak terjangnya pun dikulik oleh netizen. 

Komedian bernama asli Lies Hartono tersebut siap memenangkan kandidat bacagub dan bacawagub yang diusung oleh Partai PDI Perjuangan. Cak Lontong ditunjuk untuk masuk daftar timses Pramono Anung-Rano Karno bersama nama artis kenamaan lain, seperti Maudy Koesnaedi dan Cornelia Agatha. 

Sebenarnya bukan kali pertama ini saja Cak Lontong terlibat dalam aktivitas politik. Dalam Pilpres 2024 yang digelar Februari lalu, dirinya juga ikut menjadi timses dari PDIP untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud. Lantas seperti apa profil Cak Lontong dan perjalanan kariernya?

Profil Cak Lontong

Cak Lontong lahir di Magetan pada 7 Oktober 1970. Dirinya punya nama asli Lies Hartono, namun di dunia komedian lebih dikenal sebagai Cak Lontong. Ia merupakan komedian yang dinilai memiliki kecerdasan dalam merangkai leluconnya.

Nama Cak Lontong ia pilih karena saat kecil dirinya memiliki postur tubuh yang tinggi. Akibatnya, teman-temannya sering memanggilnya dengan julukan "Lontong." Sementara itu, kata "Cak" adalah sapaan yang umum digunakan untuk laki-laki di Jawa Timur.

Cak Lontong menjalani pendidikan jenjang SMP di kampung halamannya. Setelah itu, dirinya melanjutkan pendidikan SMA di Surabaya. Cak Lontong kemudian mengambil studi  jenjang sarjana di bidang Teknik Elektro di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Di usia 54 tahun, Cak Lontong terkenal dengan gaya humornya yang menggunakan bahasa formal dan tersusun rapi. Ia juga dikenal sebagai seorang ahli dalam silogisme, sering kali menyelipkan peribahasa yang ia ciptakan sendiri dalam lawakannya.

Perjalanan Karier Cak Lontong

Sebelum dikenal luas sebagai komedian, Cak Lontong memulai kariernya sebagai karyawan di sebuah perusahaan Jepang. Namun ia tidak bertahan lama menjalani pekerjaannya tersebut. Setelah itu, Cak Lonting memutuskan terjun ke dunia hiburan dan mulai membangun kariernya di sana.

Perjalanan karier Cak Lontong di dunia komendi dimulai dengan bergabung bersama grup lawak Ludruk Cap Toegoe di Surabaya. Ia tampil di salah satu stasiun televisi swasta pada tahun 2000. Meskipun sudah muncul di layar kaca, namanya belum banyak dikenal publik pada saat itu.

Cak Lontong baru mulai mendapatkan perhatian publik setelah tampil sebagai bintang tamu di Republik BBM yang dipandu oleh Effendi Ghazali pada tahun 2005. Sejak itu, ia sering muncul dalam berbagai sinetron dan tampil reguler di acara Stand Up Comedy Show di salah satu stasiun televisi. Ia juga menjadi panelis di acara Indonesia Lawak Klub. 

Popularitas Cak Lontong di dunia hiburan semakin meningkat seiring berjalannya tahun. Pada tahun 2017, ia menerima penghargaan di bidang seni dan budaya dari almamaternya.

Cak Lontong Pernah Ikut Kampanye Ganjar-Mahfud

Meskipun kerap dijuluki 'Pelawak Istana' karena kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo, Cak Lontong justru berpihak pada pasangan Ganjar-Mahfud pada Pemilu 2024. Ia tergerak untuk turun ke lapangan demi menyukseskan pemilu yang sportif dan mendapat antusias tinggi dari masyarakat. 

Cak Lontong turut terlibat dalam kampanye mendukung pasangan dari PDIP, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dalam Pilpres 2024. Komedian asal Surabaya ini menegaskan bahwa ia tidak memiliki niat untuk terjun ke dunia politik, melainkan hanya memberikan dukungan kepada pasangan Ganjar-Mahfud serta beberapa pelawak lain yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

Demikianlah profil Cak Lontong yang menarik untuk dikulik lebih jauh untuk melihat sepak terjang atau perjalanan kariernya selama ini. Cak Lontong dikenal sebagai komedian dengan gaya humor yang khas. Sejak beberapa waktu belakangan, dirinya ikut aktif dalam kegiatan politik sebagai timses dari PDIP. Baca juga alasan Cak Lontong jadi ketua tim pemenangan Pramono Anung-Rano Karno.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.