Bagikan:

YOGYAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusung Ronal Surapradja dalam kontestasi Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jawa Barat (Jabar). Kabar majunya salah satu anggota Prediksi ini memang cukup mengejutkan pasalnya, profil Ronal Surapradja justru lebih dikenal sebagai komedian.

Salah satu acara yang dibintangi oleh Ronal adalah Extravaganza, sebuah sketsa komedi yang ditampilkan di salah satu televisi nasional. Untuk lebih mengenal Ronal simak artikel berikut ini.

Profil Ronal Surapradja

Ronal Surapradja adalah komedian yang lahir di Bandung tanggal 26 Mei 1977. Namanya mulai dikenal saat ia menjadi penyiar radio di Jak FM. Tak sampai situ, Ronal makin populer karena ia dianggap sukses menjadi pemain komedi di acara sketsa komedi Extravaganza yang populer tahun 2004 hingga 2008.

Di acara tersebut Ronal bermain bersama beberapa komedian seperti Tora Sudiro, Aming dan dan artis lainnya.

Selain Extravaganza, Ronal juga tercatat pernah memandu beberapa acara bertema komedi seperti Indonesia Lawak Klub, Waktu Indonesia Bercanda (WIB), dan masih banyak lagi.

Selain di jalur komedi, Ronal tercatat pernah membintangi film seperti Janji Joni (2005), Dunia Lain: The Movie (2006), The Wedding and Bebek Betutu (2015), serta Mau Jadi Apa? (2017).

Tidak hanya di media televisi, Ronal juga pernah melalangbuana di media radio. Beberapa stasiun radio yang pernah ia singgahi seperti Jak FM, Rese FM Bandung, dan Oz Radio Bandung.

Ronal juga tercatat pernah mencoba peruntungan di dunia musik. Bahkan ia sempat merilis dua album yakni Ronaldisko (2008) dan RockNal (2010). Sayangnya album tersebut tidak banyak didengar oleh masyarakat.

Saat ini, nama Ronal lebih dikenal sebagai salah satu anggota klub motor selebritas bernama The Prediksi. Klub tersebut didirikan oleh komedian sekaligus musisi Andre Taulany.

Kiprah Ronal Surapradja di Politik

Meski banyak prestasi yang berhasil ditorehkan di dunia hiburan, jejal Ronal Surapradja di kancah politik bisa dibilang sangat minim. Bahkan, saat ditunjuk untuk ikut mencalonkan diri di Pilgub Jawa Barat 2024 Ronal mengaku kaget.

Nama Ronal juga didaftarkan oleh PDIP ke KPUD Jabar saat pendaftaran hampir di tutup. Ia resmi menjadi kader PDIP dan maju sebagai bakal calon wakil gubernur Jawa Barat mendampingi Jeje Wiradinata.

Baik Ronal maupun Jeje, keduanya didaftarkan ke KPUD Jawa Barat di detik-detik masa pendaftaran ditutup. Bahkan pendaftaran bakal calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur ini di diwakili oleh Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, dan anggota DPRD PDIP Jawa Barat, Abdy Yuhana.

Terkait alasan penunjukkan Ronal sebagai cawagub Jabar, PDIP mengatakan bahwa keduanya dianggap memahami kebutuhan masyarakat Jabar secara mendalam.

"Keduanya sangat memahami dan mengerti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Jawa Barat," kata politisi PDIP Abdy Yuhana saat mendaftarkan berkas Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat pada Kamis 29 Agustus.

Itulah informasi tentang profil Ronal Surapradja. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.id.