Bagikan:

JAKARTA - Anies Baswedan menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesia saat ini masih rapuh. Hal ini Anies rasakan usai gagal maju dalam Pilgub Jakarta karena tak mendapat tiket pencalonan.

"Yang saya rasakan ketika mengikuti proses ini semua, terbuka kenyataan bahwa sistem politik kita, demokrasi kita, masih amat ringkih," ucap Anies dalam keterangan video, Jumat, 30 Agustus.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai ada tugas yang mesti dilakukan, yakni mengajak seluruh rakyat memiliki kesadaran yang lebih baik tentang proses politik dan demokrasi.

"Bukan sesuatu yang sederhana, tapi kita harus kerja keras dan saya rasa kita jangan berhenti disini. Karena itu, salah satu tujuan besar yang akan diperjuangkan kedepan adalah meningkatkan kesadaran politik dan demokrasi Indonesia," jelas Anies.

Di satu sisi, A ies mengaku memiliki rasa sesal dirinya gagal maju Pilkada 2024 menjadi calon Gubernur DKI Jakarta untuk periode keduanya.

Penyesalan Anies muncul ketika menyadari bahwa dirinya tak bisa memenuhi aspirasi masyarakat untuk dilakukan ketika kembali menjabat gubernur.

"Kalau saya ditanya ada penyesalan atau tidak, ada, ada penyesalan itu. Apa yang saya sesali? Yang saya sesali adalah aspirasi warga kampung-kampung miskin kota, rakyat miskin kota yang berdatangan ke rumah ini, di tempat ini, setelah pilpres kemarin bergantian, berombongan datang bergantian menyampaikan keinginan, aspirasi 'Pak tolong kembalikan kondisi yang kemarin kita rasakan'," ungkap Anies.

Anies menguraikan, banyak warga Jakarta yang mengeluhkan soal minimnya perhatian pemerintah dalam 1,5 tahun terakhir. Utamanya soal minimnya penataan kampung kumuh hingga perbaikan kondisi ekonomi mereka.

"Kalau dibilang perasaan, ya ada perasaan, waduh ini aspirasi ini enggak bisa kita tuntaskan. Lihat warga Kampung Bayam yang terlantar, berat rasanya. Lihat kampung-kampung yang setiap kali kita datang, 'Pak, tolong ini dituntaskan', berat rasanya kalau mereka tidak bisa mendapatkan penuntasan atas usaha meningkatkan kesejahteraannya," jelas Anies.