Bagikan:

JAKARTA - Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.B.A., atau sering disapa dengan Ariza tiba-tiba mundur dari pencalonan sebagai calon Wali Kota Tanggerang Selatan yang berpasangan dengan komedian Marshel Wijayanto tiba-tiba mundur, padahal tinggal melakukan pendaftaran di KPUD setempat. Siapa sebenarnya Ariza, mari kita telisik profilnya.

Ia adalah salah satu politisi dari partai Gerindra yang terlahir pada 17 Desember 1969 di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Ia merupakan anak dari pasangan Amidhan Shaberah dan Rasyidah.

Amidhan Shaberah sendiri adalah seorang ulama dan tokoh Islam Indonesia yang pernah menjabat sebagai ketua MUI di bidang produk halal. Ia juga merupakan mantan aktivis di era orde baru.

Ariza, memiliki istri bernama Ellisa Sumarlin, SE. Pernikahan keduanhya dikarunia tiga buah hati yaitu Aisha Safa Putri Callista, Aqila Khiaranisa, Athila Hannadhira.

Dia pernah menjabat di Komite Nasional Pemuda Indonesia. Ariza tercatat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia sejak 1999 hingga 2002 dan terpilih kembali sejak 2002 hingga 2005.

Di masa muda Ariza mengenyam di pendidikan di SDN 08 Kedaung Kaliangke, Jakarta pada 1983, SMP Islam Al-AZHAR Pusat, Jakarta pada tahun 1986, SMA Islam Al-AZHAR Pusat, Jakarta tahun 1989.

Ariza mengenyam Pendidikan di Fakultas Teknik Sipil ISTN, Jakarta pada tahun 1987 yang menjadikanya seorang insinyur. Ia juga mendapatkan gelar Master in Bussines Administration, ITB, Bandung 2008.

Ahmad Riza Patria, pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari partai Gerindra. Ia berhasil duduk di kursi DPR-RI berkat perolehan suara sejumlah 23.991 suara. Ia menjadi wakil rakyat dari Dapil Jawa Barat V.

Di dalam keorganisasian Ariza memiliki banyak pengalaman. Dia pernah menjadi pengurus Kadin Indonesia dan sempat menjadi salah satu pengurus di BPD HIPMI Jaya selama periode tahun 2001-2003.

Selain itu Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPN Garda Muda Merah Putih dan Komandan Nasional Menwa Indonesia.

Politisi Gerindra ini juga pernah menjadi pengurus dari DPP GEMA MKGR, Wasekjend KAHMI DKI Jakarta, Wakil Kepala Humas PBSI, Sekjend DPP Persatuan Anak Guru Indonesia, dan berbagai organisasi lainnya.

Ahmad Riza Patria juga dikenal sebagai salah seorang pengusaha. Ia pernah menduduki kursi Komisaris dua Perusahaan sekaligus, PT Indoproperti Galaraytama pada 2001 sampai 2015, dan PT Penta Derma Gala pada 1999 hingga 2010. Di perusahaan itu posisinya sebagai Direktur Utama dari PT Gala Ray Pratama dari 1999 hingga 2015 dan PT Gala Ariatama dari 1997 sampai 2015.

Di dunia politik Ariza juga memiliki karir yang mentereng. Pernah juga menjadi ketua pemenangan pencalonan Presiden yaitu pada saat pencalonan Prabowo-Hatta dan Prabowo-Sandi pada tahun 2019. Tentunya Ahmad Riza Patria menjadi orang yang sangat dipercaya oleh Prabowo.