Bagikan:

JAKARTA - Ketua KPUD DKI Jakarta Wahyu Dinata mengkonfirmasi kehadiran pasangan Ridwan Kamil-Suswono untuk mendaftarkan diri sebagai cagub dan cawagub di Pilkada Jakarta 2024.

Konfirmasi tersebut sekaligus membantah rumor yang menyebut bahwa Ridwan Kamil akan mendaftar bersama politisi Gerindra, Ahmad Riza Patria sebagai cawagubnya. Diketahui, Riza Patria dikabarkan batal maju di Pilwakot Tangerang Selatan.

"Hari ini kemungkinan akan menerima dua paslon. Yang sudah terkonfirmasi di awal sebenarnya RK-Suswono yang hadir pukul 14.00," ujar Wahyu di KPUD Jakarta, Rabu, 28 Agustus.

Wahyu mengungkapkan, pasangan cagub dan cawagub dari PDIP akan mendaftarkan diri pada pukul 11.00 WIB. PDIP mendaftarkan Pranowo Anung-Rano Karno untuk Pilgub Jakarta.

Setelah kedua pasangan ini selesai mendaftar, kata Wahyu, akan ada sesi konferensi pers. Dia bilang, pasangan RK-Suswono bakal membawa pendukung termasuk pimpinan 12 partai politik yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju Plus.

"Nanti paslon yang sudah mendaftar di dalam akan hadir di sini untuk doorstop, silakan teman-teman doorstop supaya tertib. Terutama nanti paslon RK-Suswono yang cukup banyak membawa pimpinan parpol. Karena salah satu syaratnya adalah mereka pasangan calon hadir, beserta pimpinan parpol yang mengusulkan," kata Wahyu.

Sebagai informasi, pasangan Ridwan Kamil (RK) dan Suswono berencana mendaftar sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur (bacagub-bacawagub) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta pada Rabu siang, 28 Agustus.

RK-Suswono direncanakan tiba di KPU Jakarta yang berlokasi di Raya Salemba, Jakarta Pusat, pada pukul 14.00 WIB.

Dalam agenda yang tersebar, pada pukul 11.00-12.00 WIB, RK-Suswono memulai perjalanan menuju Hotel Maxone. Lalu mereka melakukan istirahat dan salat pada pukul 12.00-12.30 WIB.

Setelah istirahat, RK-Suswomo akan melangsungkan sesi wawancara dan liputan khusus media bersama pimpinan partai pengusung di ruang tunggu Hotel Maxone.

Usai sesi wawancara, RK-Suswono berjalan bersama menuju Kantor KPU Jakarta yang berjarak sekitar 500 meter pada pukul 13.30-14.00 WIB.

Setibanya di kantor KPU Jakarta, RK-Suswono akan mengikuti proses penyambutan dan langsung melakukan penyerahan dokumen persyaratan pencalonan oleh pimpinan gabungan partai kepada ketua KPU, serta diakhiri foto bersama sekitar pukul 14.00-15.30 WIB.

Setelah resmi mendaftar, RK-Suswono akan menyelenggarakan konferensi pers dengan awak media di halaman KPU Jakarta pada pukul 15.30-15.45 WIB