Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengatakan anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep sebaiknya menyampaikan secara terbuka soal pesawat pribadi yang digunakannya saat berpergian ke Amerika Serikat. Masyarakat dinilai wajar ingin tahu karena dia merupakan anak pejabat publik yang selalu diawasi gerak-geriknya.

“Masyarakat ingin tahu dalam kapasitas sebagai apa yang bersangkutan menerima fasilitas dan sebagainya. Apakah membayar sendiri ataukah free, kan, begitu,” kata Alexander kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan yang dikutip Rabu, 28 Agustus.

“Kalau membayar sendiri, kan selesai, enggak ada persoalan. ‘Saya bayar sendiri pak’, ya sudah kan itu, itu yang perlu dijelaskan juga oleh yang bersangkutan,” sambungnya.

Alexander bahkan bilang cara ini membuat Kaesang tak perlu lagi diklarifikasi anak buahnya. Katanya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut tetap bisa ditanyai soal pesawat pribadi yang berpolemik itu meski bukan pejabat negara.

Apalagi, jika nantinya ditemukan ada dugaan pemberian fasilitas mewah dari pihak lain yang berkaitan dengan jabatan orang tua maupun keluarganya. “Kalau menurut saya, sih, enggak perlu juga diklarifikasi KPK kalau yang bersangkutan kemudian men-declare, ‘saya bayar. Ini lho kuitansi, bukti bayar’. Ketika itu berupa fasilitas yang diberikan, dalam kapasitas sebagai apa yang bersangkutan menerima fasilitas itu. Ya, intinya itu supaya masyarakat juga enggak bertanya-tanya terus,” jelas Alexander.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep yang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Erina Gudono jadi sorotan gara-gara naik pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Selain itu, menantu Jokowi tersebut juga mengunggah gaya hidup mewah saat plesiran.

Erina ketika itu tak hanya mengunggah momen menaiki pesawat ke Amerika Serikat. Dia juga mengunggah foto makan roti seharga Rp400 ribu dan berbelanja stroller bayi diduga seharga puluhan juta rupiah.

Keduanya kemudian disoroti juga usai diduga membawa belanjaan mewah dari Amerika Serikat tanpa pemeriksaan Bea Cukai setibanya di Indonesia. Dalam video yang beredar, keduanya turun dari jet Gulfstream N568SE langsung menuju ke mobil Toyota Alphard yang diparkirkan di apron pesawat.